Melihat Pesona Pulau Rupat di Riau Lewat Rumah Digital Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 19:39 WIB
Pulau Rupat
Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pulau Rupat, salah satu pulau terluar di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Posisinya berada di hamparan Selat Malaka.

Pulau Rupat memiliki pesona alam yang memanjakan mata. Pulau Rupat bahkan ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional sejak tahun 2011 lalu.

Keindahan alam di Pulau Rupat bisa kita saksikan dari pantai-pantai yang mengelilinginya. Salah satunya, Pantai Ketapang. Objek wisata yang ada di Desa Pangkalan Nyinyir itu memiliki panorama indah dipadu dengan suara gemuruh ombak dan semilir angin sepoi-sepoi.

Ada juga Pantai Tanjung Lapin dan Pantai Pesona yang berpasir putih. Kemudian, Pantai Tanjung Daya yang populer dengan lautnya yang jernih serta mercusuar yang berdiri kokoh di tepian.

Selain itu, ada juga Pulau Beting Aceh. Pulau kecil ini memiliki keunikan pasir berbisik yang berbunyi jika disentuh.

Tak hanya keindahan alam, kesenian dan budaya di Pulau Rupat juga menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya Zapin Api, warisan budaya tak benda Indonesia yang berasal dari salah satu kesenian tari tradisional Desa Teluk Rhu. Tarian ini konon mengandung banyak ilmu mistis dengan diiringi alunan musik Melayu Riau.

Penasaran dengan keindahan Pulau Rupat? Yuk tonton videonya di Rumah Digital Indonesia.

Kunjungi segera www.rumahdigitalindonesia.id. Kemudian, klik peta dan Ruang Komunitas. Video 'Pantai Pulau Rupat' bisa kamu temukan di Cerita Indonesia.

Oh iya, selain 'Pantai Pulau Rupat', masih banyak konten menarik di Rumah Digital Indonesia yang akan hadir selama bulan kemerdekaan untuk menemanimu merayakan kemerdekaan di rumah saja lho. Karena itu, segera kunjungi Rumah Digital Indonesia, yuk!

(mae/hri)