KSAL dan Kepala RSPAL dr Ramelan Surabaya Resmikan Gedung ICU Infeksi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 11:21 WIB
Momen KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Meninjau RSPAL dr Ramelan
Foto: Momen KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Meninjau RSPAL dr Ramelan
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono meninjau kesiapan sarana dan prasarana gedung ICU infeksi di RSPAL dr Ramelan Surabaya yang yang disiapkan TNI AL dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. Yudo meninjau gedung ICU infeksi didampingi Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) dr Ramelan, Laksamana Pertama TNI dr Radito Soesanto.

Yudo meninjau kesiapan gedung ICU infeksi RSPAL dr Ramelan Surabaya pada Jumat (20/8/2021). Yudo berharap dengan dibangunnya gedung ICU infeksi bisa mengoptimalkan penanganan COVID-19.

"Sebagai rumah sakit rujukan tertinggi yang menangani kasus sedang dan berat pasien COVID-19, RSPAL dr Ramelan menghadapi permasalahan kekurangan ruang perawatan intensif. Atas perintah Bapak Menko Marves untuk mengatasi permasalahan tersebut, segera dilakukan penambahan kapasitas ruang perawatan intensif di RSPAL dr Ramelan. Oleh karena itu, Gedung SEKESAL ini kita alih fungsikan dan direnovasi untuk dijadikan tambahan ruang perawatan intensif pasien COVID-19 di RSPAL dr Ramelan," ucap Laksamana Yudo Margono dalam keterangan pers.

Yudo mengatakan sebelumnya gedung ICU infeksi ini adalah gedung Sakesal. Kemudian, gedung dialihfungsikan dan direnovasi menjadi gedung perawatan intensif seluruhnya dikerjakan oleh Kementerian PUPR selama kurun waktu 3 minggu, dengan dukungan alat-alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Gedung ICU Infeksi RSPAL dr Ramelan ini terdiri dari ruang ICU dengan kapasitas 50 tempat tidur dan ruang HCU dengan kapasitas 20 tempat tidur, dilengkapi dengan sarana prasarana pendukungnya. Diharapkan dengan segera dioperasionalkannya Gedung ICU Infeksi ini mampu mengurai permasalahan antrian pasien yang membutuhkan ruang perawatan intensif di RSPAL dr Ramelan.

"Dalam beberapa hari kedepan, ICU Infeksi RSPAL dr Ramelan ini akan segera dioperasionalkan untuk melayani pasien COVID-19 dengan gejala sedang dan berat. Sedangkan untuk pasien COVID-19 dengan gejala ringan akan dirujuk ke Gedung isolasi yang ada di Lanmar Surabaya, di sana sudah kita siapkan 800 tempat tidur ruang isolasi lengkap dengan semua fasilitas penunjangnya. Semua fasilitas darurat penanganan COVID-19 ini, tidak hanya untuk merawat pasien dari keluarga besar Angkatan Laut saja tapi juga bisa untuk melayani masyarakat umum," jelas Yudo.

Turut mendampingi KSAL dalam peninjauan ke ICU Infeksi RSPAL dr Ramelan, Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat, Asrena Ksal Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid Kacong, Aslog Ksal Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, Pangkoarmada II Laksmana Muda TNI Dr Iwan Isnurwanto, Gubernur AAL Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, Danpuspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin, Kadiskesal Laksamana Pertama TNI dr Agus Guntoro, Kadinkes Provinsi Jawa Timur Dr dr Kohar Hari Santoso, Direktur RSUD dr Soetomo Dr Joni Wahyuhadi. Serta para Pejabat RSPAL dr Ramelan dan para Kafaskes TNI AL Wilayah Surabaya.

(zap/hri)