Rombongan Pesepeda Dihalau Masuk HI, Polisi Ingatkan Aturan PPKM Level 4

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 15:28 WIB
Rombongan pesepeda dihalau polisi di Bundaran HI (Tangkapan layar/Instagram TMC Polda Metro Jaya)
Rombongan pesepeda dihalau polisi di Bundaran HI (Tangkapan layar/Instagram TMC Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Sebuah video memuat rombongan pesepeda hendak memasuki kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, viral di media sosial. Rombongan pesepeda itu kemudian dihalau polisi.

Peristiwa itu terjadi di kawasan Bundaran HI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, sekitar pukul 06.47 WIB. Polisi menegaskan, selama PPKM level 4, bersepeda secara bergerombol masih dilarang.

"Iya, belum boleh. Masih PPKM level 4," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi detikcom, Jumat (20/8/2021).

Bukan hanya bersepeda bergerombol, polisi pun mengimbau warga tidak bersepeda di ruas jalan selama PPKM level 4.

"Dikhawatirkan ada kerumunan," ujar Sambodo.

PPKM level 4 Jakarta diperpanjang hingga 23 Agustus 2021. Terkait hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor 987 Tahun 2021 yang mengatur soal perpanjangan PPKM level 4 di DKI.

Penerbitan kepgub ini merupakan tindak lanjut Instruksi Mendagri Nomor 34 Tahun 2021 yang mengatur pelaksanaan perpanjangan PPKM level 4 di Jawa-Bali.

Dalam kepgub yang dikeluarkan Anies, ada sejumlah aturan yang kembali disesuaikan di masa perpanjangan PPKM level 4 di Jakarta. Berikut ini isi kepgub tersebut:

1. Setiap orang yang melakukan aktivitas di tiap sektor atau tempat wajib sudah divaksinasi COVID-19 minimal dosis pertama. Namun, syarat ini dikecualikan bagi warga yang masih dalam masa tenggang 3 bulan pasca-terkonfirmasi positif Corona dan penduduk yang kontraindikasi dilakukan vaksinasi COVID-19.

2. Kegiatan perkantoran non-esensial masih menerapkan WFH 100 persen. Ketentuan WFO dan WFH hanya dibolehkan di sektor esensial dan kritikal.

3. Kegiatan operasional mal atau pusat perbelanjaan dapat berlangsung dengan kapasitas 50 persen mulai pukul 10.00-20.00 WIB. Restoran maupun kafe yang berada di dalam mal juga dapat melayani dine in dengan kapasitas maksimal 25 persen. Pengunjung maupun pekerja di mal wajib sudah divaksin Corona. Meski begitu, bioskop dan tempat bermain anak di dalam mal belum diizinkan beroperasi.

4. Tempat ibadah bisa beroperasi 50 persen kapasitas atau 50 orang dengan protokol kesehatan ketat. Selain itu, belajar mengajar di DKI masih dilakukan secara daring.

5. Sarana olahraga yang berada di area terbuka atau outdoor diperbolehkan buka hingga pukul 20.00 WIB. Namun syarat vaksinasi bagi pengguna dan pekerja juga diwajibkan.

6. Kegiatan moda transportasi, yakni kendaraan umum, angkutan massal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental maksimal penumpang 50% dari kapasitas dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat. Sementara itu, ojek online dan pangkalan penumpang dapat beroperasi 100% dari kapasitas dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat. Pengendara, pekerja dan pengguna transportasi publik wajib telah divaksinasi.

Lihat juga video 'Ada Ganjil Genap, Pesepeda Dilarang Melintas Jalan Jenderal Sudirman':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)