Panglima TNI Soroti Positivity Rate Masih di Atas 15%: Harus Tetap Waspada

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 23:43 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Rakha-detikcom)
Jakarta -

Positivity rate atau perbandingan antara jumlah kasus positif COVID-19 dengan jumlah tes yang dilakukan di Indonesia hingga saat ini masih di atas 15%. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta masyarakat untuk tetap waspada.

"Yang perlu diwaspadai adalah positivity rate masih di angka 15,95%, masih di atas 15 yang statusnya masih terbatas," ucap Hadi kepada wartawan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (17/8/2021).

Selain itu, Hadi kembali mengingatkan, bahwa perang melawan COVID-19 hingga saat ini belum selesai. Untuk itu, Hadi meminta kewaspadaan seluruh masyarakat agar tidak lengah.

"Namun saya terus mengingatkan kepada tenaga kesehatan dan non kesehatan, prajurit TNI dan Polri, relawan, kemenkes, dan Pemerintah Daerah bahwa peran melawan Covid-19 belum usai," kata Hadi.

"Kita semua harus tetap waspada karena kemungkinan-kemungkinan kalau kita lengah, maka hal yang terburuk bisa terjadi," imbuhnya.

Oleh karenanya, pelaksanaan tracing atas kasus positif harus tetap dilaksanakan. Selain itu, kampanye penggunaan masker pun harus semakin digalakkan.

"Kita harus melaksanakan tracing kontak erat atas kasus konfirmasi. Dan terus mengkampanyekan tetap menggunakan masker," ucap Hadi.

Kendati demikian, Hadi tetap mengucapkan rasa terima kasih dan kebanggaan setinggi-tingginya kepada sejumlah pihak yang tak mengenal rasa lelah dalam menghadapi pandemi.

"Sekali lagi saya mengucapkan rasa terima kasih dan bangga saya, ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh prajurit TNI-Polri, tenaga kesehatan dan non kesehatan, BNPB, Pemerintah Daerah dan organisasi kemasyarakatan yang telah bekerja tanpa mengenal lelah," ungkap Hadi.

(dwia/dwia)