Kapolri Apresiasi Relawan: Pandemi Bisa Dilalui Kalau Kita Bersatu

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 22:37 WIB
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menghadiri kegiatan malam apresiasi relawan vaksinasi merdeka. Sigit mengatakan saat ini pandemi COVID-19 bisa dilalui bila dengan bersatu.

"Semua itu bisa kita lampaui dan lalui apabila kita mau bersatu, yang diikat dengan kekuatan. Kekuatan rasa kebangsaan, kekuatan rasa persatuan dan rasa cinta terhadap seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia," kata Sigit dalam sambutannya di Polda Metro Jaya, Selasa (17/8/2021).

Dia menuturkan kasus harian COVID-19 di Indonesia sempat mencapai 56 ribu. Menurutnya hal ini membuat situasi serba sulit, sehingga pemerintah pusat mengambil berbagai kebijakan untuk menangani situasi tersebut.

"Sehingga dilakukan kebijakan oleh Pemerintah pusat untuk bagaimana hadapi situasi saat itu, kita masuk PPKM Mikro, kemudian PPKM Darurat. Saat itu untuk menghambat dan mengatur mengurangi laju mobilitas karena salah satu bagian kunci turunkan laju Covid-19," ujar Sigit.

Pemerintah juga disebut melakukan penguatan dengan menambah lokasi isolasi-isolasi masyarakat. Sehingga pemerintah menyiapkan tempat isolasi baru untuk membantu daya tampung Wisma Atlet Kemayoran.

"Tempat isolasi baru untuk menambah Wisma Atlet, ada Rusun Nagrak Pasar Rumput, ada isolasi terpadu di wilayah lain kami bangun," ucap Sigit.

Sigit menuturkan TNI dan Polri bergerak untuk mendukung program pemerintah terkait dengan akselerasi vaksinasi. Sehingga dilakukan adanya kegiatan vaksin massal untuk mempercepat proses vaksinasi.

"Kami bersama pak Panglima bergerak akselerasi kegiatan vaksinasi massal tersebut bisa dilakukan lebih cepat," tutur Sigit.

Sigit menyebut target dari vaksinasi merdeka di DKI Jakarta telah mencapai 100 persen untuk vaksinasi dosis pertama. Bahkan, capaian itu sudah terjadi sejak tanggal 8 Agustus lalu.

Menurut Sigit, tercapainya target itu berkat adanya pengorganisasian dan kerja keras para relawan, Pemda serta elemen masyarakat yang sudah mau bahu-membahu mengejar target dari Pemerintah terkait vaksinasi.

"Vaksinasi ini bisa dilaksanakan di level terbawah di tingkat RW, di 900 RW kalau tidak salah dibantu kekuatan 3 ribu lebih tim relawan. Sehingga kemudian capaian itu bisa tercapai," ujar Sigit.

(dwia/dwia)