Pemkot Mojokerto Beri Hadiah ke 5 Legiun Veteran

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 21:02 WIB
Pemkot Mojokerto
Foto: dok. Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari memberikan bingkisan kepada 5 legiun veteran Indonesia pada acara Resepsi Kenegaraan HUT ke -76 RI di Graha Sabha Mandala Madya Balai Kota Mojokerto. Adapun kelima legiun veteran tersebut di antaranya Letkol Laut (Purn) Budhi Laksana (Ketua LVRI Mojokerto), Mayor Inf (Purn) Ghofar (Ketua PPAD Kab/Kota Mojokerto), (Purn) Bambang Sugeng, (Purn) Soepriadi, serta (Purn) Sunari.

Ika mengapresiasi para legiun veteran, dan mengajak masyarakat untuk meneladani semangat mereka dalam berperang melawan pandemi COVID-19.

"Hari ini saya ingin mengucapkan apresiasi yang setinggi - tingginya kepada legiun veteran Republik Indonesia Kota Mojokerto. Kita harus meneladani semangat para legiun veteran ini, khususnya saat kondisi pandemi seperti ini. Kita tidak boleh lumpuh melainkan harus memiliki semangat untuk tumbuh, untuk bersama-sama bersinergi menghadapi pandemi COVID-19," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/8/2021).

"Untuk menghadapi pandemi COVID-19 kita semua harus memiliki semangat untuk bergotong-royong sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing," lanjutnya.

Ia menilai sudah menjadi tugas generasi penerus bangsa untuk mengemban amanah para perjuangan veteran dalam mengisi kemerdekaan. Salah satunya dengan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) melalui fasilitas pendidikan yang memadai.

"Dengan alokasi anggaran yang memadai pendidikan yang menjadi prioritas utama di Kota Mojokerto kami laksanakan semuanya dengan serba gratis mulai dari seragam, buku, sepatu, biaya pendidikan sampai dengan angkutan sekolah gratis," pungkasnya. .

Selain bingkisan bagi legiun veteran, wanita yang akrab disapa Ning Ita ini juga memberikan hadiah sepeda kepada 2 warga Kota Mojokerto yang hari ulang tahunnya bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI. Yakni Shelly Triana Agustin, warga Kelurahan Kedundung, dan Gading Titis Agustin dari Kelurahan Sidomulyo. Hadiah tersebut berupa sepeda angin dan KTP yang diserahkan secara langsung.

"Saya harap sepeda ini bisa dipakai untuk berangkat ke sekolah ya," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ning Ita juga melakukan serah terima bantuan penanggulangan COVID -19 dari Korpri Kota Mojokerto senilai Rp 165 juta yang diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kota Gaguk Tri Prasetyo.

Diketahui sebelumnya, Ning Ita menjadi Inspektur Upacara Kemerdekaan RI bertema 'Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh'. Upacara tersebut diikuti oleh peserta terbatas, yang terdiri dari Pasukan bersenjata Kodim 0815 dan Polres Mojokerto Kota, perwakilan BNN, Satpol - PP, Dinas Perhubungan, Korpri, PKK, Dharma Wanita Persatuan, dan PGRI Kota Mojokerto, dengan diiringi Korps Musik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Mojokerto di bawah pimpinan Mochamad Imron.

Usai melangsungkan upacara, ia bersama jajaran Forkopimda berziarah dan melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Gajah Mada sebagai tanda penghormatan atas jasa pahlawan bangsa.

(prf/ega)