Round-Up

Perjalanan Kampung Susun Akuarium hingga Diresmikan Anies Baswedan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 20:32 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: dok. Pemprov DKI Jakarta)

Akhirnya Diresmikan Anies

Tepat pada 17 Agustus hari ini, Anies meresmikan pembangunan tahap pertama Kampung Susun Akuarium. Ada 107 unit hunian yang siap dihuni warga yang berlokasi di dua blok.

Kampung Susun Akuarium berdiri di lahan seluas 10.575 meter persegi. Total akan ada lima unit rumah susun yang dibangun hingga 2022.

"Di Hari Kemerdekaan ini, kita tidak hanya memperingatinya dengan upacara seremonial, tetapi kita hormati perjuangan para pendiri dengan buktikan bahwa cita-cita mereka bisa terlaksana di Kampung Akuarium. Ini semua dikerjakan dengan cara benar, proses baik harapannya dari sisi government aman dan teman-teman bisa kembali tinggal di tempat ini dengan kepastian tinggal amat panjang," kata Anies, Selasa (17/8/2021).

Suasana Tower Kampung Susun yang akan diresmikan hari ini di kawasan Kampung Akuarium, Jakarta Utara, Selasa (17/8).Suasana tower Kampung Susun yang akan diresmikan hari ini di kawasan Kampung Akuarium, Jakarta Utara, Selasa (17/8). (Pradita Utama/detikcom)

Anies kemudian mengenang masa-masa pembangunan kampung yang pernah digusur di era Ahok ini. Eks Mendikbud itu menyebut ada proses panjang hingga mencapai titik peresmian pembangunan.

"Sekelompok masyarakat yang tinggal di kampung ini selama berdekade-dekade, mengalami ujian tidak ringan. Tapi warga di sini tabah melewati masa itu dengan ketahanan mental luar biasa. Tidak ringan mereka lewati, sama sekali tidak ringan dan itu jadi catatan sejarah hidup mereka bahwa pada periode 5 tahun di mana mereka menjalani ujian sangat besar," sebutnya.

Berkaca pembangunan Kampung Susun Akuarium ini, Anies hendak membuktikan setiap permasalahan di Jakarta bisa diselesaikan dengan duduk bersama warga.

"Apalagi terkait permukiman, bisa dilakukan dengan bicara bersama dengan semangat kesetaraan. Pemerintah miliki sumber daya tapi masyarakat yang miliki pengalaman, masyarakat yang memahami kebutuhan, masyarakat yang mengerti kompleksitas yang di dalam komunitasnya. Duduk bersama merancang," lanjut Anies.

Nantinya, pengelolaan rusun akan dilakukan oleh koperasi Akuarium Bangkit Mandiri. Koperasi ini dikelola langsung oleh warga Kampung Akuarium.


(idn/idn)