HUT ke-76 RI, Kawasan Monas Ramai Warga Swafoto

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 12:02 WIB
suasana kawasan Monas.
Suasana kawasan Monas pukul 10.12 WIB. (Foto: Tiara/detikcom)
Jakarta -

Hari ini Indonesia merayakan HUT ke-76. Warga berkumpul di depan Kawasan Monumen Nasional (Monas) saat pukul 10.17 WIB.

Pantauan di pintu Gerbang Monas sisi selatan (Irti Monas), Selasa (17/8/2021), tampak kerumunan warga. Mereka terdiri dari muda mudi, dewasa hingga anak-anak.

Di momen kemerdekaan ini, warga tampak antusias berswafoto berlatar-belakang Monas. Bahkan, ada yang menepikan kendaraan untuk sekedar nongkrong dan bersantai kawasan ini.

Pada pukul 10.17 WIB, terdengar suara sirine pemberitahuan sikap sempurna selama 3 menit. Namun, hanya segelintir warga yang menjalani sikap sempurna. Sisanya, masih berkerumun dan tampak asyik dengan gadgetnya.

Salah satu warga yang menyempatkan diri melakukan sikap sempurna ialah Indri. Dia bersama ketiga rekannya berdiri tegak sambil memantau proses pengibaran bendera melalui streaming.

"Tadinya kita mau ke istana. Tapi karena sampai sana dicegat, nggak boleh ya sudah kita ke sini. Sama aja kan, kita bisa sambil streaming di sini penghormatan bendera dari sini," ujar Indri.

Terpisah, Kepala UPT Monas Isa Sarnuri menegaskan kawasan Monas masih ditutup selama PPKM Level 4 ini. Dia akan menindaklanjuti persoalan kerumunan di sepanjang pintu gerbang Monas dengan berkoordinasi dengan aparat setempat.

"Nanti kita koordinasi dengan Satpol PP wilayah sama pamdal. Memang Monas belum dibuka tapi kita usahakan untuk mengatasi berkerumun," kata Isa saat dikonfirmasi.

Isa mengakui kawasan Irti Monas kerap disambangi warga. Biasanya, warga memarkirkan sejenak kendaraannya di pinggir jalan untul sekedar mengambil foto.

"Kalau orang parkir itu teporer untuk berfoto sebentar. Biasanya di sini ada penjaganya Satpol PP atau Dishub," sebutnya.

(idn/idn)