Jelang Upacara HUT Ke-76 RI, Kawasan Istana Mulai Disterilkan Pagi Ini

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 08:21 WIB
Kawasan Istana mulai disterilkan jelang HUT ke-76 RI (Yogi Ernes/detikcom).
Kawasan Istana mulai disterilkan menjelang HUT ke-76 RI. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Istana Negara mulai disterilkan menjelang upacara HUT RI di Istana Negara pagi ini. Kondisi lalu lintas di lokasi pun lengang.

Pantauan detikcom di Jl Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (17/8/2021), sekitar pukul 07.45 WIB, tidak ada kendaraan warga yang diizinkan melintas di kawasan Istana Negara. Ruas jalan di Merdeka Timur dan Jalan Veteran ditutup bagi kendaraan umum.

Petugas keamanan pun telah berjaga di tiap titik di seputar Istana Negara. Petugas tersebut mulai dari elemen polisi, TNI, hingga Dishub DKI.

Area Monas pintu timur pun telah dijaga petugas keamanan. Masyarakat yang hendak melakukan olahraga diminta tidak mendekati kawasan Istana Negara.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Merdeka, Jakarta, guna mengamankan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar secara terbatas dengan protokol kesehatan ketat dan virtual. Mulai pukul 06.00 WIB, jalan menuju ke Istana akan ditutup sementara.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya telah menyiagakan pasukan pengamanan di seluruh ruas jalan Jakarta.

"Kurang-lebih untuk semua Jakarta saja, seluruh jalur kurang-lebih 300 anggota (polisi lalu lintas) yang kita kerahkan," kata Sambodo kepada wartawan, Senin (16/8/2021).

Penutupan jalan akan dilakukan pada pagi hari saat upacara penaikan bendera Merah-Putih hingga sore hari saat penurunan bendera. Sambodo memastikan penjagaan di HUT RI hari ini akan berlangsung ketat tapi tetap humanis.

Dia menyebut ada enam titik jalan di sekitar Istana Merdeka yang bakal ditutup. Kendaraan akan dialihkan ke ruas jalan lainnya.

Berikut titik pengalihan arus lalu lintas di sekitar istana:

1. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang menuju ke Jl Museum di luruskan ke Jl Majapahit atau Jl Fachrudin
2. Arus lalu lintas yang dari Jl Suryopranoto menuju Jl Majapahit dialihkan ke Jl Ir H Juanda
3. Arus lalu lintas yang dari Jl Hayam Wuruk menuju Jl Majapahit dialihkan ke Jl Ir H Juanda
4. Arus lalu lintas yang dari Jl Abdul Muis yang menuju ke Jl Museum diluruskan ke Jl Majapahit atau Jl Fachrudin
5. Arus lalu lintas yang dari Jl Ir H Juanda yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke Pasar Baru
6. Arus lalu lintas yang dari Jl Merdeka Timur ke Jl Merdeka Utara dialihkan ke Jl Perwira

Di Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom juga punya acara seru untuk detikers, yaitu Parade 17an di detikcom yang bisa kamu akses melalui detik.com/parade17an.

(ygs/gbr)