Momen Megawati-SBY Hadiri Upacara HUT Ke-76 RI Virtual

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 10:34 WIB
Pengibaran Bendera Merah Putih Upacara HUT RI KE-76 di Istana Merdeka (Screenshot YT Setpres)
Pengibaran bendera Merah Putih upacara HUT RI KE-76 di Istana Merdeka (Screenshot YouTube Setpres)
Jakarta -

Presiden ke-5 dan ke-6 RI, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hadir pada upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 RI. Megawati dan SBY hadir secara virtual.

Upacara HUT ke-76 RI itu dilaksanakan di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). Upacara dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Upacara itu dihadiri oleh sejumlah tamu undangan secara terbatas karena kondisi pandemi COVID-19. Upacara juga digelar secara virtual.

Hadir langsung di lokasi upacara Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri. Kemudian Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai pembaca teks Proklamasi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai pembaca, doa serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Baik Megawati maupun SBY sempat menyampaikan pesan di momen HUT ke-76 RI ini. Megawati meminta bangsa Indonesia tidak melupakan sejarah di peringatan HUT Ke-76 RI. Megawati juga berpesan peringatan HUT RI jangan seremonial saja.

"Sebenarnya yang paling penting oleh bangsa Indonesia ini, kita harus ingat 'jas merah', jangan meninggalkan sejarah. Karena, kalau tanpa itu, kita tidak akan mengetahui itu kita ini bangsa dari mana. Jadi menurut saya, terutama ini untuk anak muda, dalam Proklamasi ke-76, ini rasa kemerdekaan itu memang bukan hanya seremonial saja, tapi harus didalami di dalam sebuah cita-cita ke depan bahwa begitu besar pengorbanan kita," kata Megawati.

Megawati lalu menyampaikan mengenai makna merdeka. Dia ingin seluruh anak bangsa menatap masa depan dengan optimis.

"Karena apa arti merdeka itu, sebetulnya karena kita ingin mandiri. Mari pemuda-pemudi Indonesia menatap masa depan dengan penuh gagah berani dan pintar. Itu sebuah keharusan untuk bisa kita membangun negeri ini dengan kekayaan yang belum di-manage untuk menghasilkan sesuatu untuk kita bisa berdiri di atas kaki kita sendiri dan semangat itu harus seperti apa nan tak kunjung padam," ujar Megawati.

Sedangkan SBY mengajak seluruh masyarakat bergandengan tangan untuk mengatasi permasalahan di Indonesia. Dia berharap Indonesia bisa semakin baik dan maju di masa depan.

"Sebagai manusia dan bangsa yang beriman, kita harus yakin bahwa badai akan berlalu, insyaallah. Mari kita bergandengan tangan untuk mengatasi permasalahan dewasa ini, menuju Indonesia yang makin baik dan makin maju di masa depan," ujar SBY.

Dalam kesempatan ini, SBY juga menuturkan hari ini merupakan hari bersejarah bagi Indonesia. Dia berharap Indonesia menjadi negara yang semakin rukun dan sejahtera.

"Hari ini adalah hari kemerdekaan kita, hari yang sangat bersejarah semoga membawa berkah bagi bangsa Indonesia. Bicara soal kemerdekaan di samping kita mesti bersyukur kepada Allah, Tuhan yang Mahakuasa, dan berterima kasih kepada para pendiri Republik dan semua yang telah mengisi kemerdekaan dari generasi ke generasi. Kita mesti terus melihat ke depan bagaimana negara yang kita cintai ini makin maju, makin rukun dan damai, makin adil, dan makin sejahtera," ujar SBY.

Di Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom juga punya acara seru untuk detikers, yaitu Parade 17an, di detikcom yang bisa kamu akses melalui detik.com/parade17an.

Lihat Video: Semarak Warganet Ramaikan HUT ke-76 RI

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)