Megawati: Jangan Terlena, Indonesia Baru Berumur 76 Tahun

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 09:32 WIB
Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri (Foto: dok. YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri meminta bangsa Indonesia tidak melupakan sejarah di peringatan HUT ke-76 RI. Megawati juga berpesan peringatan HUT RI jangan seremonial saja.

"Sebenarnya yang paling penting oleh bangsa Indonesia ini kita harus ingat 'jas merah', jangan meninggalkan sejarah. Karena, kalau tanpa itu, kita tidak akan mengetahui itu kita ini bangsa dari mana. Jadi menurut saya, terutama ini untuk anak muda, dalam proklamasi ke-76, ini rasa kemerdekaan itu memang bukan hanya seremonial saja, tapi harus didalami di dalam sebuah cita-cita ke depan bahwa begitu besar pengorbanan kita," ujar Megawati dalam video yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, (17/8/2021).

Megawati lalu menyampaikan mengenai makna merdeka. Dia ingin seluruh anak bangsa menatap masa depan dengan optimis.

"Karena apa arti merdeka itu, sebetulnya karena kita ingin mandiri. Mari pemuda-pemudi Indonesia menatap masa depan dengan penuh gagah berani dan pintar. Itu sebuah keharusan untuk bisa kita membangun negeri ini dengan kekayaan yang belum di-manage untuk menghasilkan sesuatu untuk kita bisa berdiri di atas kaki kita sendiri dan semangat itu harus seperti apa nan tak kunjung padam," ujar Megawati.

Selain itu, Megawati meminta semua pihak tidak terlena dengan usia Indonesia. Dia ingin Indonesia tetap hidup selama ribuan tahun ke depan.

"Kita jangan terlena, kita baru berumur 76 tahun. Kita inginnya kalau bisa ribuan tahun berdiri. Itu makna yang ingin saya sampaikan dalam rangka 76 tahun kemerdekaan kita. Sekali lagi penuh semangat gotong royong, bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, merdeka!" ujar dia.

Di Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom juga punya acara seru untuk detikers, yaitu Parade 17an, di detikcom yang bisa kamu akses melalui detik.com/parade17an.

(knv/gbr)