SBY: Pemerintah Gigih Atasi Krisis, namun Kerja Belum Selesai

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 10:00 WIB
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto: screenshoot video)
Jakarta -

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY mengajak seluruh masyarakat bergandengan tangan untuk mengatasi permasalahan di Indonesia. Dia berharap Indonesia bisa semakin baik dan maju di masa depan.

"Sebagai manusia dan bangsa yang beriman, kita harus yakin bahwa badai akan berlalu, insyaallah. Mari kita bergandengan tangan untuk mengatasi permasalahan dewasa ini, menuju Indonesia yang makin baik dan makin maju di masa depan," ujar SBY dalam video yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, (17/8/2021).

Dalam kesempatan ini, SBY juga menuturkan hari ini merupakan hari bersejarah bagi Indonesia. Dia berharap Indonesia menjadi negara yang semakin rukun dan sejahtera.

"Hari ini adalah hari kemerdekaan kita, hari yang sangat bersejarah. Semoga membawa berkah bagi bangsa Indonesia. Bicara soal kemerdekaan, di samping kita mesti bersyukur kepada Allah, Tuhan yang Mahakuasa dan berterima kasih kepada para pendiri republik dan semua yang telah mengisi kemerdekaan dari generasi ke generasi, kita mesti terus melihat ke depan bagaimana negara yang kita cintai ini makin maju, makin rukun dan damai, makin adil, dan makin sejahtera," ujar SBY.

Namun, dia mengatakan, untuk mencapai ke masa depan, tak ada jalan pintas. SBY menilai harus ada visi dan kerja keras untuk menggapai cita-cita yang besar.

SBY juga menyinggung dalam setahun belakangan RI tengah menghadapi tantangan dan ujian sejarah. Salah satu yang dihadapi adalah pandemi Corona.

"Tak ada jalan yang lunak untuk mencapai cita-cita yang besar, setahun lebih ini kita kembali menghadapi tantangan dan ujian sejarah. Pandemi besar, kecemasan sosial, dan tekanan ekonomi yang berat," kata SBY.

Dia menyebut rakyat terdampak dari permasalahan tersebut. SBY mengatakan pemerintah telah gigih mengatasi krisis itu.

"Kita tahu pemerintah telah berupaya dengan gigih untuk mengatasi krisis ini, namun kerja belum selesai," katanya.

"Pemerintah dan masyarakat masih harus melanjutkan upayanya. Rakyat patuh dan menjalankan kebijakan pemerintah, pemerintah mendengarkan suara rakyat, dan memenuhi harapan-harapannya," ujar SBY.

(idn/gbr)