Round-Up

Lagi-lagi Gubsu Edy Vs Walkot Bobby, Kini soal 17-an Kala Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 23:04 WIB
Bobby Nasution (masker hitam)-Edy Rahmayadi (kemeja putih)-(dok. Istimewa)
Foto: Bobby Nasution (masker hitam)-Edy Rahmayadi (kemeja putih)-(dok. Istimewa)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution kembali menunjukkan sikap berbeda. Kali ini, perbedaan sikap keduanya terjadi terkait lomba 17-an.

Edy meminta warga tidak menggelar perlombaan saat peringatan HUT RI ke-76. Dia berharap warga tidak menggelar lomba 17-an demi menghindari kerumunan saat pandemi virus Corona.

"Kita imbau tidak ada, kan bukan hanya karena 17 Agustus. Saat ini karena COVID, kerumunan tak boleh," ucap Edy di rumah dinas Gubsu, Medan, Kamis (12/8/2021).

"Persoalannya bukan karena pelaksanaannya, yang tidak boleh ada kerumunannya," tambahnya.

Dia mengaku tak masalah jika warga ingin memeriahkan HUT RI ke-76. Namun, katanya, hal itu harus dilakukan dari rumah. Salah satunya, menurut Edy, warga Sumut bisa memasang bendera Merah-Putih atau menggelar selamatan di rumah.

"Tetap kita memperingati Hari Kemerdekaan, mau selamatan, selamatan di rumah masing-masing karena merdeka kita. Yang paling penting adalah pasang bendera di setiap rumah, itu udah mulai tanggal 1 kemarin itu," tuturnya.

Edy Rahmayadi menyebut Pemprov Sumut akan menggelar upacara saat HUT RI ke-76. Namun, kegiatan itu akan diikuti peserta terbatas.

"Upacara ada, tapi itu terbatas, khusus, hanya 30 orang. Terpusat, nanti dipimpin oleh Wagub," ucapnya.

Sikap berbeda kemudian disampaikan oleh Bobby. Apa katanya?

Bobby tak menyampaikan larangan ataupun imbauan agar warga tidak menggelar lomba pada 17 Agustus. Dia hanya mengingatkan warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan demi mencegah Corona.

"Ya sudah kita sampaikan di hari kemerdekaan di tanggal 17 Agustus 2021 yang jatuh besok. Ini tidak menggugurkan yang namanya PPKM mikro," kata Bobby Nasution usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Kota Medan, Senin (16/8/2021).

"Semua kegiatan ini harus berlandaskan dengan protokol kesehatan, ataupun aktivitas masyarakat hari ini, baik aktivitas sehari-hari, aktivitas ekonomi aktivitas belajar-mengajar semua harus berlandaskan protokol kesehatan," sambung Bobby.

Dia mengatakan kegiatan saat HUT RI ke-76 juga harus digelar dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Corona. Dia menegaskan hal itu menjadi kewajiban bagi semua warga di Medan.

"Begitu juga besok apabila ada aktivitas dalam rangka memeriahkan kemerdekaan RI ke-76. Ada perlombaan-perlombaan ataupun segala macam jenis kegiatan harus tetap mengikuti protokol kesehatan, itu tidak boleh dilupakan," ucap Bobby.

Menantu Presiden Jokowi ini berharap masyarakat bersemangat merayakan HUT ke-76 RI di masa pandemi. Bobby mengajak masyarakat tetap sehat.

"Ini yang menjadi semangat kita juga pada HUT ke-76 RI. Semangat kita untuk tetap menyehatkan seluruh masyarakat, menyehatkan diri kita sendiri, menyehatkan keluarga dengan mengikuti protokol kesehatan," sebut Bobby.

(haf/haf)