Gubsu Imbau Warga Tak Gelar Lomba 17-an: Tak Boleh Ada Kerumunan

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 14:04 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah-detikcom)
Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta warga tidak menggelar perlombaan saat peringatan HUT RI ke-76. Hal itu dikatakan Edy untuk menghindari kerumunan saat pandemi virus Corona.

"Kita imbau tidak ada, kan bukan hanya karena 17 Agustus. Saat ini karena COVID, kerumunan tak boleh," ucap Edy di rumah dinas Gubsu, Medan, Kamis (12/8/2021).

"Persoalannya bukan karena pelaksanaannya, yang tidak boleh ada kerumunannya," tambahnya.

Edy mempersilakan warga memeriahkan HUT RI ke-76 dari rumah. Salah satunya dengan memasang bendera Merah-Putih.

"Tetap kita memperingati Hari Kemerdekaan, mau selamatan, selamatan di rumah masing-masing karena merdeka kita. Yang paling penting adalah pasang bendera di setiap rumah, itu udah mulai tanggal 1 kemarin itu," tuturnya.

Edy menjelaskan pihaknya akan menggelar upacara saat HUT RI ke-76 nanti. Namun kegiatan itu akan diikuti peserta terbatas.

"Upacara ada, tapi itu terbatas, khusus, hanya 30 orang. Terpusat, nanti dipimpin oleh Wagub," ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov Sumut juga meminta warga menghentikan aktivitas selama peringatan detik-detik proklamasi pada HUT ke-76 RI. Warga diminta menghentikan aktivitas selama 3 menit.

"Yang di jalan, di rumah, di mana pun, hentikan aktivitas, hanya 3 menit," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumut M Fitriyus.

Fitriyus mengatakan kegiatan itu dilakukan mulai pukul 10.17 WIB sampai pukul 10.20 WIB. Akan ada petugas di jalan yang menginstruksikan warga untuk menghentikan aktivitas.

"Untuk di jalan raya, ada polisi yang akan bertugas. Mari kita gunakan waktu tersebut untuk mengenang pengorbanan pahlawan kita dan mendoakan mereka serta negara yang kita cintai ini," tutur Fitriyus.

(aud/aud)