Prabowo Bicara Saat-saat Kritis Bangsa Antara 70-100 Tahun: Kita di Masa Itu

Matius Alfons - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 18:54 WIB
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto (Herdi Alif Al Hikam/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengatakan bangsa Indonesia akan berusia 76 tahun pada 17 Agustus 2021. Prabowo bicara soal pendapat ahli soal kondisi kritis bangsa antara usia 70 hingga 100 tahun.

"Kita ratusan suku bangsa, jumlah penduduk keempat di dunia bisa bersatu, alhamdulillah besok Ulang Tahun kita yang ke-76," kata Prabowo dalam acara perayaan 50 tahun CSIS Indonesia seperti disiarkan GerindraTV, Senin (16/8/2021).

Prabowo mengatakan, berdasarkan riset ahli-ahli sejarah, suatu bangsa berada pada saat yang paling kritis ketika berada di usia 70-100 tahun. Dia mengingatkan Indonesia tengah berada di usia kritis tersebut.

"Banyak ahli-ahli sejarah membuat research dan mengatakan saat-saat paling kritis dalam sejarah bangsa adalah antara 70-100 tahun, ya kita sekarang berada di masa-masa kritis itu," ucap Prabowo.

Menteri Pertahanan ini mempertanyakan apakah Indonesia bisa bertahan di tengah usia kritis tersebut. Dia meminta generasi sekarang tidak melupakan keberhasilan yang pernah terjadi di masa lalu.

"Apakah kita survive seterusnya sebagai bangsa atau kita mengalami suatu degradasi bahkan bisa bisa disintegrasi? Kehebatan kita, kecemerlangan kita tidak boleh kita lupakan, juga sebaliknya jangan kita anggap bahwa itu dengan sendirinya datang, we cannot take it for granted," ujar Prabowo.

"Tentu kita juga harus bertanya, sampai di mana kemajuan kita? Karena menurut hemat saya, keberhasilan suatu negara, keberhasilan suatu sistem, keberhasilan suatu ideologi hanya ada satu ujiannya, bisa nggak membawa kehidupan lebih baik bagi rakyatnya?" lanjutnya.

(maa/haf)