Kawasan Istana Disterilkan Jelang Upacara HUT RI Mulai Pukul 06.00 Besok

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 12:30 WIB
Menteri Sosial Juliari P Batubara (kedua kiri) yang mewakili Presiden Joko Widodo, dan Mensesneg Pratikno (kiri) melepas distribusi bantuan sosial sembako di depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah mulai menyalurkan bantuan sosial untuk wilayah di DKI Jakarta dalam rangka penanganan COVID-19 di wilayah Jabodetabek. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan-Pool/hp.
Istana Merdeka (Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta -

Polisi akan melakukan sterilisasi kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, menjelang upacara HUT Kemerdekaan RI besok. Lalu lintas menuju Istana Negara akan ditutup mulai pukul 06.00 WIB.

"Jam 06.00 WIB pagi pokoknya sudah kita tutup," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardji saat dihubungi, Senin (16/8/2021).

Imbas penutupan itu rekayasa lalu lintas pun bakal diterapkan. Rekayasa lalu lintas dilakukan mulai dari Jalan Majapahit akan diarahkan menuju daerah Juanda Raya.

Selain itu, di daerah Monas, polisi bakal mengarahkan pengendara ke Jalan Perwira. Nantinya pengendara akan diarahkan menuju jalur di Jalan Juanda hingga menuju arah Harmoni.

"Pokoknya dari Majapahit arahkan ke Juanda Raya langsung ke Gunung Sahari kalau dia mau ke selatan. Yang dari Monas Timur ke Jalan Perwira, mutarnya di (Masjid) Istiqlal lewat Juanda ke kanan ke arah Harmoni. Yang penting kendaraan (tidak) masuk Jalan Majapahit," ungkap Lilik.

Dilakukan Juga pada Sore Hari

Lilik menambahkan penutupan jalan pada pagi hari saat upacara kenaikan bendera Merah Putih dan sore hari saat penurunan bendera.

"(Penutupan jalan) sampai selesai upacara penurunan. Nanti kita buka lagi habis itu," terang Lilik.

Sebelumnya, sejumlah persiapan pengamanan menjelang upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI telah disiapkan polisi. Salah satunya dengan menutup ruas jalan di sekitar Istana Negara.

"Kalau besok (17 Agustus) pada saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan memang jalur seputar Istana Merdeka kita tutup," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di depan gerbang gedung MPR-DPR, Jalan Gatot Subroto, Senin (16/8/2021) pagi.

Sambodo memastikan penjagaan di HUT RI besok akan berlangsung ketat tapi tetap humanis. Pihaknya telah menyiagakan pasukan pengamanan di seluruh ruas jalan Jakarta.

"Kurang-lebih untuk semua Jakarta saja, seluruh jalur kurang-lebih 300 anggota (polisi lalu lintas) yang kita kerahkan," pungkas Sambodo.

Simak juga video 'Jokowi Ajak Masyarakat Rayakan HUT Ke-76 RI Secara Virtual':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)