Garda Pemuda NasDem Jabar Ajak Pemuda Donor Plasma Konvalesen

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 09:17 WIB
Pemkab Bandung Barat
Foto: Pemkab Bandung Barat
Jakarta -

Ketua DPW Garda Pemuda Nasdem (GPND) Jawa Barat Rian Firmansyah bersama jajarannya mendonorkan darah dan plasma konvalesen melalui PMI pada Sabtu (14/8). Ia turut mengajak para pemuda tergerak menjadi pendonor untuk membantu pasien COVID-19.

"Kami mendatangi PMI Jawa Barat untuk sebuah tugas kemanusiaan dan mengikuti instruksi ketua DPP Garda Pemuda NasDem untuk membantu meringankan beban pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19 melalui donor konvalesen, " jelas Rian dalam keterangan tertulis, Senin (16/8/2021).

"Kami mengajak pemuda Jabar untuk menjadi pahlawan donor konvalesen bagi penderita COVID-19," seru Rian.

Ia menyampaikan DPW GPND Jabar mendukung program donor darah dan donor konvalesen melalui Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) yang diinisiasi DPP GPND.

"Sebagai provinsi dengan populasi penduduk terbanyak se-Indonesia, kebutuhan plasma konvalesen jauh lebih banyak, oleh karena itu, DPW Jabar mencanangkan program ini ke beberapa titik mulai Jumat dan Sabtu (13-14 Agustus 2021)," Urai Rian.

Anggota Komisi X DPR RI dapat memantau sendiri kondisi ketersediaan stok di PMI Bandung,

Ia mengungkapkan stok plasma konvelesen masih belum mencukuli permintaan dari masyarakat. Oleh sebab itu, pihaknya tergerak untuk menggencarkan gerakan donor darah dan plasma konvalesen.

"Kondisi ini perlu lebih banyak lagi peran sukarelawan yang rela mendermakan plasma konvalesennya," sebut Rian.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang turut hadir dalam donor plasma konvalesen tersebut menyambut baik peran GPND dalam keikutsertaannya melakukan donor plasma konvalesen.

"Terima kasih kepada GPND yang telah membantu pemerintah Kota Bandung dalam kegiatan sosial yang bisa membantu warga Kota Bandung dan sekitarnya. Pandemi COVID-19 berdampak besar pada sektor kesehatan, sosial dan ekonomi masyarakat. Oleh karenanya, giat seperti ini sangat dibutuhkan dan bisa meringankan beban masyarakat," papar Yana.

Sekum DPW GPND Jawa Barat Tedi Irawan menambahkan kegiatan donor darah di Bandung Raya sudah menjadi agenda rutin DPW GPND Jabar. Dalam situasi pandemi, pihaknya juga mengadakan donor plasma konvalesen.

"Kalau biasanya kita hanya mendonorkan darah, melalui kegiatan PSP Berderma ini, kita bisa mengajak lebih banyak Kader GPND untuk bersama memberikan donor plasma konvalesen. Kita sudah memulai dengan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia di Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung, selanjutnya kita akan melaksanakan PSP Berderma di Cirebon dan Kota Bogor," tutur Tedi.

(akn/ega)