Macam-macam Sholat Sunnah Dua Rakaat, Rawatib hingga Istikharah

Kristina - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 07:30 WIB
Disunnahkan Makan dan Minum sebelum Shalat Idul Fitri
Foto: iStock/Macam-macam Sholat Sunnah Dua Rakaat, Rawatib hingga Istikharah.
Jakarta -

Sholat sunnah dua rakaat terdiri dari beberapa jenis, mulai dari rawatib hingga istikharah. Sholat sunnah biasa dikerjakan umat Islam di luar ibadah wajib, misal sholat fardhu lima kali sehari.

Jumhur ulama mengatakan, sholat sunnah termasuk ibadah badaniyah yang paling afdal daripada ibadah lain yang tidak wajib. Salah satu ulama yang menyampaikan hal ini adalah Imam Ibnu Hajar al-Haitami rahimahullah dalam Kitab Tuhfatul Muhtaj Fii Syahril Minhaj jilid 2.

Berikut sholat sunnah dua rakaat yang bisa dikerjakan umat muslim:

Macam-macam sholat sunnah dua rakaat

1. Sholat rawatib

Sholat rawatib adalah sholat sunnah yang mengiringi sholat fardhu, baik sebelum maupun setelahnya. Sholat yang dikerjakan sebelum sholat fardu dinamakan sunnah qabliyah. Sedangkan sholat yang dikerjakan setelah sholat fardhu disebut sunnah badiyah.

Secara umum, sholat sunnah rawatib terdiri dari dua rakaat sebelum sholat subuh, dua rakaat sebelum sholat dzuhur, dua rakaat sesudah sholat dzuhur, dua rakaat sesudah sholat maghrib, dan dua rakaat sesudah sholat isya. Berikut haditsnya,

مَنْ ثَابَرَ عَلَى ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنَ السُّنَّةِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ

Artinya: "Siapa saja yang terbiasa menunaikan sholat sunnah 12 rakaat, Allah SWT akan membuatkannya rumah di surga yaitu: empat rakaat sebelum zuhur, dua rakaat setelahnya, dua rakaat usai maghrib, dua rakaat setelah isya, dan dua rakaat sebelum subuh." (HR Tirmidzi).

2. Sholat tahiyatul masjid

Sholat tahiyatul masjid adalah sholat sunnah dua rakaat yang dilakukan ketika memasuki masjid sebelum duduk, terutama saat sholat Jumat. Sholat ini dilakukan sebagai penghormatan terhadap masjid.

Berikut haditsnya seperti diceritakan Dari Abu Qatadah RA,

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يَجْلِسَ

Artinya: "Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, janganlah duduk sehingga sholat dua rakaat." (HR Bukhari dan Muslim).

3. Sholat taubat

Sholat taubat adalah sholat sunnah yang dikerjakan seorang muslim yang ingin bertaubat atas perbuatan dosa yang telah dilakukan. Sholat taubat dilakukan sebanyak dua rakaat tanpa ada waktu khusus.

Berikut hadits tentang sholat taubat,

« مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ». ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ (وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ) إِلَى آخِرِ الآيَةِ.

Artinya: "Tidak ada seorang hamba pun yang melakukan dosa, lalu dia bersuci dengan baik selanjutnya berdiri lalu melakukan shalat dua raka'at, kemudian memohon ampun kepada Allâh, kecuali Allâh pasti akan mengampuninya. Kemudian beliau n membaca ayat (yang artinya), "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allâh," sampai akhir ayat. (HR Abu Dawud).

4. Sholat istikharah

Sholat istikharah adalah sholat sunnah dua rakaat untuk memohon pertolongan kepada Allah dalam menunjukkan pilihan terbaik di antara dua pilihan. Waktu yang afdhal untuk mengerjakan sholat istikharah adalah malam hari.

Disebutkan dalam hadits riwayat Imam Bukhari dari Jabir RA, Rasulullah SAW mengajarkan umatnya sholat istikharah untuk segala urusan. Berikut haditsnya,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Artinya: Rasulullah SAW mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapi, sebagaimana Beliau mengajarkan kami suatu surat dari al-Qur'an. Beliau berkata: "Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua rakaat yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah." (HR Al-Bukhari).

5. Sholat fajar

Sholat fajar adalah sholat sunnah yang dikerjakan sebelum sholat subuh, tepatnya setelah adzan subuh berkumandang. Sholat fajar dikerjakan sebanyak dua rakaat. Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa mengerjakan sholat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya. Salah satunya dalam hadits yang bersumber dari Aisyah RA,

لَهُمَا أَحَبُّ إِلَىَّ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيعًا

Artinya: "Dua raka'at shalat sunnah fajar lebih kucintai daripada dunia seluruhnya." (HR Muslim).

Selain sholat sunnah dua rakaat di atas, sahabat hikmah juga bisa mengerjakan sholat dhuha di pagi hari dan tahajud di malam hari. Keduanya dilakukan paling sedikit dua rakaat dan paling banyak tidak terbatas jumlahnya.

Gimana detikers, sudah siap rutin sholat sunnah dua rakaat?

(kri/row)