Mengenal Kisah Merah Putih Lewat Rumah Digital Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 12:18 WIB
Kisah merah putih (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)
Foto: Kisah merah putih (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)
Jakarta -

Warna merah putih identik dengan bendera pusaka Indonesia. Setiap bulan kemerdekaan, berbagai sudut kota dihiasi warna yang melambangkan keberanian dan kesucian itu. Namun, tak banyak yang tahu mengenai sejarah merah putih hingga menjadi identitas kebangsaan Indonesia.

Warna merah putih ternyata sudah digunakan masyarakat Nusantara sejak 6.000 tahun yang lalu. Menurut pahlawan nasional, Moh Yamin, suku bangsa Austronesia yang mendiami Nusantara saat itu menggunakan warna merah untuk melambangkan matahari dan putih untuk melambangkan bulan.

Tak hanya itu, jejak penggunaan warna merah putih juga tampak pada masa kerajaan Hindu dan Budha. Jejak itu terekam dalam relief Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Merah putih juga digunakan Pangeran Diponegoro dan Sisingamangaraja XII sebagai umbul-umbul pasukan saat melawan penjajahan Belanda.

Kisah merah putih juga berlanjut pada masa pergerakan kebangsaan di abad 20. Para pelajar perhimpunan Indonesia di Belanda menggunakan bendera merah putih dengan kepala kerbau di tengahnya. Kemudian pada tahun 1939, organisasi gabungan partai politik Indonesia menghilangkan kepala kerbau tersebut, dan jadilah bendera merah putih seperti saat ini.

Namun, kisah merah putih hingga menjadi warna bendera Indonesia tak hanya sampai di situ saja. Penasaran dengan kisah selanjutnya?

Yuk segera tonton videonya di Rumah Digital Indonesia. Caranya mudah. Kamu bisa mengunjungi www.rumahdigitalindonesia.id. Kemudian, pilih peta dan klik Ruang Literasi Digital.

Di Ruang Literasi Digital, pilih Ruang Komunitas. Video 'Merah Putih' bisa kamu temukan di Cerita Indonesia.

Oh iya, selain kisah soal Merah Putih, masih banyak konten menarik di Rumah Digital Indonesia yang akan hadir selama bulan kemerdekaan untuk menemanimu merayakan kemerdekaan di rumah saja lho. Karena itu, segera kunjungi Rumah Digital Indonesia, yuk!

(mae/imk)