Menguak Asal-usul Musik Gamelan di Rumah Digital Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 11 Agu 2021 12:31 WIB
Dok. KBRI Moskow
Pertunjukan musik gamelan di Rusia (Foto: Dok. KBRI Moskow)
Jakarta -

Rumah Digital Indonesia menyuguhkan banyak konten yang memperkenalkan sejarah hingga budaya Indonesia. Salah satunya adalah mengenai musik gamelan.

Melalui video yang ditayangkan di Rumah Digital Indonesia, jejak arkeologi musik gamelan diungkap. Mulai dari sejak kapan musik jawa itu hadir mewarnai Nusantara hingga asal-usulnya.

Jejak arkeologi musik gamelan ini diungkap Sejarahwan dan Arkeolog, Dwi Cahyono. Dwi membedah jejak musik gamelan itu dari sisi sejarah hingga data arkeologi.

Dalam video berdurasi 22 menit, Dwi menjelaskan perihal asal-usul musik gamelan hingga alat-alat musik gamelan yang ternyata jejaknya sudah ada di Nusantara jauh sebelum masa Mataram Jawa.

Sejarahwan dan Arkeolog, Dwi Cahyono (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)Sejarahwan dan Arkeolog, Dwi Cahyono (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)

Dwi mengungkapkan, jejak musik Jawa terpampang dalam peninggalan-peninggalan arkeologi. Seperti dalam relief Candi Borobudur hingga relief candi-candi di Jawa Timur.

Penasaran asal-usul musik gamelan yang sudah mendunia itu? Yuk segera tonton videonya di Rumah Digital Indonesia.

Caranya mudah. Kamu bisa mengunjungi www.rumahdigitalindonesia.id. Kemudian, pilih peta dan klik Ruang Literasi Digital. Di ruang itu, pilih Ruang Komunitas. Video 'Jejak Arkeologi Musik Gamelan' bisa kamu temukan di Cerita Indonesia.

Oh iya, selain jejak arkeologi musik gamelan, masih banyak konten menarik di Rumah Digital Indonesia yang akan hadir selama bulan kemerdekaan untuk menemanimu merayakan kemerdekaan di rumah saja lho. Karena itu, segera kunjungi Rumah Digital Indonesia yuk!

(mae/imk)