Ganjil Genap di Jl Sudirman, Ratusan Mobil Diputar Balik Pagi Ini

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 09:58 WIB
Petugas bersiaga di kawasan ganjil genap Jl Sudirman (Foto: Adhyasta/detikcom)
Petugas bersiaga di kawasan ganjil-genap Jl Sudirman. (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengganti kebijakan penyekatan dengan ganjil-genap di 8 titik di Jakarta, salah satunya di Jl Jenderal Sudirman. Pagi ini, sudah ada ratusan mobil yang hendak melaju ke Jl Sudirman diputar balik polisi di Bundaran Senayan, Jakarta.

Pantauan detikcom, Jumat (13/8/2021) pagi, petugas gabungan kepolisian, Satpol PP, dan Dishub berjaga di lokasi. Mereka memantau mobil yang berpelat nomor genap mengingat angka tanggal hari ini adalah ganjil.

Sejumlah mobil pelat nomor genap tampak diputar balik polisi. Mobil pelat nomor genap yang datang dari Jl Pattimura dan Jl Sisingamangaraja arah Blok M dialihkan ke Jl Hang Lekir.

Panit Gatur Ditlantas Polda Metro Jaya Iptu Eko Mulwanto mengklaim pihaknya telah memutar balik lebih dari 100 mobil sejak pukul 06.00 WIB. Eko mengatakan mobil pelat 'RFP' hingga 'RFS' tetap diputar balik apabila pelat nomornya genap.

"Ganjil-genap sudah tertata disiplin. Kemudian yang boleh melintas hanya lihat nomor ganjil, karena hari ini hari ganjil. Jadi sisanya (yang genap) kita keluarkan. Mau itu RFP ataupun RF yang lain dikeluarkan," ujar Eko saat ditemui di lokasi.

"Sampai 100 lebih (mobil yang dikeluarkan). Dari pukul 06.00 WIB tadi, sudah kita keluarkan sebanyak itu. Kecuali ada yang sakit, urgen harus ke rumah sakit, kita tetap diskresi," sambungnya.

Lebih lanjut, Eko menyayangkan masih banyak pengendara yang mengaku lupa nomor pelatnya. Dia mengakui masih banyak pengendara yang tidak terima diputar balik.

"Karena memang ada yang lupa dengan nomor kendaraan, dan emang ada yang tidak tahu. Ada saja (yang ngotot). Tapi setelah kita kasih imbauan akhirnya mengerti juga. Alasannya tidak tahu, ada kepentingan mendadak dan lain-lain, itu klise di lapangan," imbuh Eko.

Adapun arus lalu lintas di lokasi ramai lancar. Tidak ada penumpukan kendaraan akibat ganjil genap di Jl Sudirman.

Sesekali pemobil membuka kaca mobil dan berbincang dengan petugas untuk menanyakan kenapa dia diputar balik. Akibatnya, mobil itu menghambat laju kendaraan yang lain.

Diketahui, Polda Metro Jaya mengganti kebijakan penyekatan dengan ganjil-genap di sejumlah titik. Kasat Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Jhoni Eka Putra membeberkan kendaraan apa saja yang tidak terkena kebijakan ganjil-genap saat ini.

"Saat ini kita sudah berikan sosialisasi. Khususnya kendaraan TNI, Polri, tenaga kesehatan, ambulans, dan pejabat negara atau darurat yang hendak melintasi kita perbolehkan," ujar Jhoni saat ditemui di Bundaran Senayan, Kamis (12/8).

Berikut ini daftar lengkap kendaraan yang bebas ganjil-genap:
1. Kendaraan yang membawa masyarakat disabilitas
2. Kendaraan ambulans
3. Kendaraan pemadam kebakaran
4. Kendaraan angkutan umum (pelat kuning)
5. Kendaraan yang digerakkan dengan motor listrik
6. Sepeda motor
7. Kendaraan angkutan barang khusus BBM dan bahan bakar gas
8. Kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara RI:
-Presiden/Wakil Presiden
-Ketua MPR/DPR/DPD
-Ketua MA/MK/KY/BPK
9. Kendaraan dinas operasional berpelat dinas, TNI, Polri
10. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara
11. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas
12. Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Polri seperti kendaraan pengangkut uang dengan pengawasan dari Polri
13. Kendaraan petugas kesehatan penanganan COVID-19
14. Kendaraan mobilisasi pasien COVID-19
15. Kendaraan mobilisasi vaksin COVID-19
16. Kendaraan pengangkut tabung oksigen.

Simak juga video 'Catat! Ini Kendaraan yang Kebal Ganjil Genap di DKI Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)