Info PPKM Jawa Bali Terbaru: Daftar Daerah dan Aturan Paling Update

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 18:32 WIB
Info PPKM Jawa Bali Terbaru: Daftar Daerah dan Aturan Paling Update
Info PPKM Jawa Bali Terbaru: Daftar Daerah dan Aturan Paling Update (Foto: Infografis detikcom/Denny)

Info PPKM Jawa Bali Terbaru: Aturan Paling Update

Sejumlah pelonggaran kegiatan masyarakat mulai dilakukan di masa perpanjangan PPKM Jawa Bali terbaru. Berikut aturan-aturan yang berubah:

1. Pembukaan pusat perbelanjaan (mal) secara bertahap.

Selama seminggu ke depan, pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan mal di 4 daerah yakni Jakarta,Bandung, Surabaya, Semarang dengan kapasitas 25% dengan protokol kesehatan ketat.

Masyarakat yang ingin masuk ke mal wajib sudah divaksinasi COVID-19 dan memiliki aplikasi Pedulilindungi untuk pengecekannya. Sementara, anak-anak usia di bawah 12 tahun dan lansia di atas 70 tahun masih dilarang untuk masuk ke mal.

Untuk restoran, masyarakat yang telah divaksinasi bisa empat orang dalam satu meja dan boleh lepas masker. Sementara untuk yang belum divaksinasi, akan diterapkan protokol kesehatan yang lebih ketat seperti harus satu meja berdua dan ditaruh di ruangan terbuka.

2. Tempat ibadah boleh dibuka dengan kapasitas maksimal 25% atau maksimal 20 orang.

3. Perjalanan udara dengan pesawat wajib melampirkan bukti vaksin (minimal dosis pertama) dan untuk perjalanan dengan pesawat udara antar kota atau kabupaten di dalam Jawa Bali dapat menunjukkan hasil negatif Antigen (H-1) dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, dan hasil negatif PCR H-2 jika baru memperoleh vaksin dosis 1.


(izt/imk)