Round-Up

Pesan Keberagaman Usai IMB GKI Yasmin Resmi Diserahkan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 08 Agu 2021 23:01 WIB
Pemkot Bogor Resmi Serahkan IMB GKI Yasmin.
Benyerahan IMB GKI Yasmin (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota Bogor resmi menyerahkan dokumen izin mendirikan bangunan (IMB) pembangunan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin, di Cilendak Barat, Bogor, Jawa Barat. Wali Kota Bogor Bima Arya mengutarakan pesan keberagaman dalam acara penyerahan.

Pemerintah Kota Bogor menghibahkan lahan seluas 1.668 meter persegi untuk pembangunan gedung rumah ibadah bagi jemaat GKI Yasmin. Lokasinya terletak di Jalan Abdullah Bin Nuh, Cilendek Barat, Bogor. Lahan baru tersebut berjarak sekitar 1 km dari lokasi lahan milik GKI Yasmin, yang selama 15 tahun ini terus menjadi sengketa di masyarakat.

Acara penyerahan IMB dilakukan pada Minggu (8/8/2021). Acara penyerahan dihadiri oleh Ketua Umum Majelis Jemaat GKI Pengadilan Krisdianto, perwakilan MUI Kota Bogor, Ketua FKUB Hasbullah, LPM, Danrem 061/Suryakencana Brigjen TNI Achmad Fauzi, Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro, serta Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf. Roby Bulan dan jajaran RW 12 dan RT 5 Cilendek Barat.


Bagi Bima Arya, acara tersebut tak sekedar acara seremonial. Namun, ada pesan lebih dari sekarang menyelesaikan masalah yang telah ada sejak 15 tahun lalu itu.

"Hadirin sekalian penyerahan IMB adalah bagian dari proses yang sangat panjang, dokumen IMB yang tadi diserahkan bukan saja simbol keabsahan, tapi itu adalah simbol dari kebersamaan, kerja keras kita semua membangun komitmen, menjalin keberagaman melalui proses dialog, proses hukum, proses mediasi, proses diskusi dan semua yang berujung kepada dokumen IMB tadi," kata Bima Arya Sugiarto dalam jumpa pers di Jalan K.H Abdulllah Nuh, Cilendek Barat, Bogor, Minggu (8/8/2021).

Proses menerbitkan IMB GKI Yasmin tidaklah sembarangan. Karena itu, dia meminta agar masyarakat Kota Bogor menjaga dan merawat keberagaman di Kota Bogor tersebut.

"Dokumen IMB ini insyaallah adalah bagian dari ikhtiar terus-menerus dari kita semua untuk merayakan keberagaman, untuk memberi penghormatan kepada hak-hak asasi manusia, untuk memuliakan hak untuk beribadah untuk semua agama dan kepercayaan tanpa terkecuali," katanya

Pemkot Bogor akhirnya menyelesaikan sengkarut pembangunan GKI Yasmin. Gereja yang akan dibangun dipindah lokasinya, berjarak sekitar 1,6 km dari lokasi awal.Pemkot Bogor akhirnya menyelesaikan sengkarut pembangunan GKI Yasmin. Gereja yang akan dibangun dipindah lokasinya, berjarak sekitar 1,6 km dari lokasi awal. Foto: Screenshot dari Google Maps


Bima Arya ingin memastikan pembangunan GKI Yasmin tidak terganggu. Untuk itu, Pemkot akan terus mengawal proses pembangunan.

"Bapak, ibu insyaallah pemerintah kota, akan mengawal bersama-sama dengan warga, bersama-sama dengan semua, tidak saja hingga gedung gereja yang sudah ada desainnya berdiri di tempat kita berdiri ini, tetapi juga memastikan nantinya jemaat gereja bisa beribadah dengan nyaman dan damai di tempat ini," katanya.