Menguak Sejarah Danau Sentani Papua Lewat Rumah Digital Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 12:23 WIB
Danau Sentani
Danau Sentani (Foto: Muhammad Ridho/detikcom)
Jayapura -

Siapa yang tak kenal Danau Sentani. Danau yang terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua, itu menyimpan banyak misteri.

Salah satu misteri Danau Sentani adalah mengenai sejarah peradaban dan asal-usul danau yang terletak di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar itu.

Untuk menguak sejarah Danau Sentani, penjelajahan pun dimulai. Penelitian kali ini dimotori Balai Arkeologi Provinsi Papua yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Rumah Peradaban.

Penelitian dimulai dengan menyusuri Kampung Putali. Kampung Putali merupakan salah satu kampung yang berada di kawasan Danau Sentani. Selain Kampung Putali, penyusuran juga dilakukan di Kampung Abar, dan Danau Love atau Danau Imfote.

Di Danau Love, peneliti Balai Arkeologi Provinsi Papua, Hari Suroto melakukan survei permukaan tanah untuk mencari data arkeologi. Di danau itu, Hari pun menemukan terumbu karang laut, yang tak biasanya ditemukan di danau berair tawar.

"Sangat menarik sekali karena di danau berair tawar ditemukan karang laut. Itu kemungkinan pada masa dulu pernah ada proses geologi, kemungkinan ada pengangkatan. Karena tidak mungkin batu karang dari dalam laut naik ke permukaan, apalagi di atas bukit begini," kata Hari dalam video di Rumah Digital Indonesia yang dilihat detikcom, Sabtu (7/8/2021).

Danau Love atau Danau Imfote (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)Danau Love atau Danau Imfote (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)

Karang laut itu rencananya akan dibawa ke Balai Arkeologi Provinsi Papua untuk diteliti lebih jauh, serta untuk menguak sejarah Danau Sentani. Apalagi, sebelumnya juga pernah ditemukan ikan hiu di Danau Sentani.

Penyisiran pun terus dilakukan. Hari dan kawan-kawan kembali menemukan fosil kerang laut lainnya. Penasaran?

Yuk tonton videonya di Rumah Digital Indonesia, www.rumahdigitalindonesia.id.

Kamu bisa memilih peta dan klik Ruang Literasi Digital, lalu pilih Ruang Komunitas. Video Menguak Sejarah Danau Sentani bisa kamu tonton di Cerita Indonesia.

Jangan lupa tulis Danau Sentani di catatanmu sebagai salah satu destinasi wisata yang akan kamu kunjungi setelah pandemi nanti.

Selain Menguak Sejarah Danau Sentani, masih banyak konten menarik di Rumah Digital Indonesia yang akan hadir selama Bulan Kemerdekaan untuk menemanimu merayakan kemerdekaan di rumah saja. Yuk, segera kunjungi Rumah Digital Indonesia!

Simak video 'RI Gelar Festival Kemerdekaan Virtual Pertama, Ini Deretan Programnya!':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)