Melihat Langit Biru Karimata dari Rumah Digital Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 11:09 WIB
Pulau Karimata (Foto: Tangkapan layar video Rumah Digital Indonesia)
Foto: Pulau Karimata (Foto: Tangkapan layar video Rumah Digital Indonesia)
Kayong Utara -

Pulau Karimata, pesona indah dari Bumi Kayong Utara. Hamparan laut menyambut siapapun yang menuju pulau terluar di Kalimantan Barat itu. Lamanya perjalanan yang ditempuh sirna seketika saat mata dimanjakan birunya samudera.

Begitu menginjakkan kaki di Pulau Karimata, hamparan pasir putih terlihat di sekililing. Namun, pesona Pulau Karimata tidak sampai di situ saja. Air terjun berair bening yang mengalir ke laut, hingga rimbunnya hutan yang dipenuhi beragam flora dan fauna menjadi daya tarik tersendiri bagi Pulau Karimata.

Pesona lautan Pulau Karimata juga tak tertandingi. Pulau Karimata bahkan ditetapkan sebagai cagar alam laut yang dilindungi pemerintah. Karena itu, tak sembarang orang bisa masuk ke Pulau Karimata. Belum lagi birunya langit yang menyelimuti semakin menambah indahnya pesona Pulau Karimata.

Pulau Karimata (Foto: Tangkapan layar video Rumah Digital Indonesia)Keindahan laut di Pulau Karimata (Foto: Tangkapan layar video Rumah Digital Indonesia)

Selain keindahan alamnya, Pulau Karimata juga memiliki tradisi turun temurun yang digelar setiap tahun. Tradisi itu dinamakan semah laut. Tradisi ini digelar dengan tujuan untuk menjaga kelestarian alam sekaligus sebagai tanda syukur kepada Sang Pencipta.

Penasaran dengan tradisi semah laut dan pesona Pulau Karimata lainnya? Yuk tonton videonya di Rumah Digital Indonesia, www.rumahdigitalindonesia.id.

Kamu bisa memilih peta dan klik Ruang Literasi Digital, lalu pilih Ruang Komunitas. Video pesona Pulau Karimata bisa kamu tonton di Cerita Indonesia.

Jangan lupa tulis pesona Pulau Karimata di catatanmu sebagai salah satu destinasi wisata yang akan kamu kunjungi setelah pandemi nanti.

Selain pesona Pulau Karimata, masih banyak konten menarik di Rumah Digital Indonesia yang akan hadir selama Bulan Kemerdekaan untuk menemanimu merayakan kemerdekaan di rumah saja. Yuk, segera kunjungi Rumah Digital Indonesia!

(mae/imk)