Gubsu Edy ke Kades di Asahan: Jangan Sibuk Bimtek Pakai Uang Desa

Perdana Ramadhan - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 13:18 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi saat bertemu dengan seluruh kepala desa, camat se-Asahan di pendopo rumah Dinas Bupati Asahan (Perdana/detikcom)
Foto: Gubsu Edy Rahmayadi saat bertemu dengan seluruh kepala desa, camat se-Asahan di pendopo rumah Dinas Bupati Asahan (Perdana/detikcom)
Asahan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengingatkan seluruh kepala desa yang ada di Asahan agar tidak sibuk membuat kegiatan bimbingan teknis (bimtek) menggunakan dana desa. Edy mewanti-wanti pejabat di desa harus amanah mengelola keuangan rakyat.

"Bukan asyik sibuk bimtek, apa itu kepala desa bimtek. Ada desa di sini yang tak bisa saya sebut, dia ajukan bimtek ke Bali. Tempatmu bukan pariwisata kenapa kau ke Bali. Jangan habiskan uang di desa untuk kepentingan pribadi," kata Edy saat bertemu dengan seluruh kepala desa, camat se-Asahan di pendopo rumah Dinas Bupati Asahan, Jumat (6/8/2021).

Edy menyebut dirinya yang sudah 2 tahun 8 bulan menjabat Gubernur di Sumut melihat sangat sedikit desa yang bisa berinovasi, berdaya, dan mandiri. Untuk itu ia menginginkan kepala desa di Asahan agar bergandengan tangan dengan pemerintah daerah hingga provinsi.

"Mana camat, panggil itu kepala-kepala desamu, kumpulkan mereka. Jangan duduk di kantor saja, saya jadi Gubernur bisa dihitung berapa kali sebulan duduk di kantor," kata dia.

Pada kesempatan itu, di hadapan kepala desa di Asahan, Edy memperlihatkan tampilan video beberapa desa yang mandiri, maju mengelola desanya lewat sektor pariwisata.

"Tengok ini, ada nggak yang begini di Asahan. Ini di Jawa, di Sumut cuma ada dua desa. Kepala desa harus punya gagasan maju, datang orang ke desa kalian," kata dia.

Edy juga mengajak para kepala desa untuk tidak boleh menyerah membangun Sumatera Utara.

Edy juga sempat memindahkan duduk kepala desa yang hadir dalam pertemuan itu. Mereka duduk di sisi samping luar pendopo saat ia baru memulai pidatonya.

"Kenapa kalian duduk di luar? Sini duduk di depan kalian semua, saya mau ngomong sama kalian. Sini saya hitung sampai tiga," kata Edy.

Mendapat perintah itu membuat pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Asahan yang duduk di barisan depan mundur mencari tempat duduk di belakang.

Dalam kesempatan itu, kunjungan kerja Gubsu Edy Rahmayadi di Asahan juga menyempatkan melihat pembibitan kultur jaringan buah-buahan di Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kisaran Timur.

(jbr/jbr)