Edy-Bobby Minta Warga Taati Dine In 20 Menit: Ada Kelonggaran, Tetap Disiplin

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 16:21 WIB
Walkot Medan, Bobby Nasution (kiri) dan Gubsu Edy Rahmayadi (kanan)
Walkot Medan Bobby Nasution (kiri) dan Gubsu Edy Rahmayadi (kanan). (Ahmad Arfah Fansuri Lubis/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta warga tetap berdisiplin saat makan di warung pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 lanjutan. Edy mengingatkan agar warga tetap menaati aturan meski diberi kelonggaran.

"Kita tidak bisa melakukan lockdown, hentikan semua, karena rakyat kita ini juga butuh makan," ucap Edy seusai rapat koordinasi bersama pemerintah daerah se-Sumut di rumah dinas Gubsu, Medan, Selasa (27/7/2021).

Edy menuturkan sikap tidak disiplin akan membahayakan warga lainnya. Oleh karena itu, Edy mengingatkan warga itu menghitung jam tiba dan warung makan agar dapat meninggalkan warung makan tepat waktu.

"Makanya adanya kelonggaran-kelonggaran. Tetapi kalau ini tidak disiplin, semakin menjadikan berbahaya untuk kita. Untuk itu, tetap disiplin aturan waktu dia datang," ucapnya.

Edy mengatakan warga juga punya pilihan untuk membawa pulang makanan saat berbelanja di warung. Hal ini juga bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Hal senada disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution. Bobby meminta warga berdisiplin saat di warung.

"Ini ada kelonggaran, boleh 20 menit makan di tempat. Kita lihat selama 20 menit itu pelaku usaha yang sudah kita training untuk mengikuti prokes selama PPKM darurat setelah dilonggarkan ikut prokes nggak. Kalau tidak mau, PPKM ini akan seperti ini terus," jelasnya.

(aud/aud)