Melihat Kekayaan Para Calon Hakim Agung: Ada yang Punya Rumah di Australia

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 10:55 WIB
Gedung Mahkamah Agung (MA) sebelum pembangunan (kiri) dikombo dengan sesudah pembangunan.
Mahkamah Agung (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 24 nama mengikuti seleksi wawancara calon hakim agung dari hakim karier dan masyarakat. Salah satu yang dipertanyakan adalah asal-usul kekayaan para calon hakim agung. Dari 24 nama itu, ada calon yang memiliki rumah di Melbourne, Australia, dengan total kekayaan Rp 43 miliar.

Calon hakim agung pemilik rumah di Australia itu adalah hakim Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta, Artha Theresia Silalahi. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dikutip dari website KPK, Jumat (6/8/2021), Artha saat ini memiliki kekayaan Rp 43 miliar.

Kekayaan Artha merosot Rp 3,9 miliar dari setahun sebelumnya, yaitu Rp 46,9 miliar. Aset Artha terbesar di bidang properti, yaitu Rp 30,2 miliar. Aset itu tersebar di Bogor, Bekasi, Bojonegoro, Jakarta Selatan, Depok, hingga di Australia. Artha juga melaporkan memiliki properti di Melbourne senilai Rp 5,2 miliar.

Adapun untuk tunggangan sehari-hari, Artha memiliki:
1. Mercedes-Benz
2. Pajero
3. Sedan Crown
4. Toyota Alphard
5. Toyota X-Trail
6. Honda BR-V
7. Sedan Masda CX5

Di luar itu, Artha, yang juga putri seorang hakim, memiliki kas dan setara kas Rp 10,7 miliar.

Sementara itu, calon hakim agung yang merupakan Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Kendari, Achmad Setyo Pudjoharsoyo, saat ini memiliki kekayaan Rp 7,9 miliar. Kekayaan Achmad Setyo Pudjoharsoyo meningkat dalam setahun Rp 2,1 miliar dari jumlah sebelumnya, yaitu Rp 5,8 miliar, saat menjadi Sekretaris Mahkamah Agung (MA).

Kekayaan Achmad Setyo Pudjoharsoyo paling banyak dalam bentuk tanah/bangunan senilai Rp 5,2 miliar. Adapun kendaraan yang ia memiliki adalah Innova dan Brio serta 4 buah sepeda motor.

Adapun Jupriyadi--anggota majelis Ahok--memiliki kekayaan Rp 3,4 miliar. Dengan rincian tanah dan bangunan di Bantul dan Jakarta Utara senilai Rp 1,4 miliar dan sisanya kendaraan bermotor dan kas Rp 1,6 miliar.

Ketua Badan Pengawas Mahkamah Agung (Bawas MA) Dwiarso Budi Santiarto melaporkan memiliki rumah di Jakarta Selatan seharga Rp 2,3 miliar. Ketua majelis Ahok itu juga melaporkan punya dua mobil Honda CR-V keluaran 2007 dan 2016. Ditambah kas, Dwiarso memiliki aset Rp 4 miliar.

Dari kalangan militer, Brigjen TNI Tiarsen Buaton melaporkan memiliki kekayaan Rp 799 juta, yaitu rumah di Tangerang senilai Rp 520 juta, sebuah Innova dan dua sepeda motor.

Panitera Muda Perdata Khusus MA, Haswandi, juga masuk 24 besar calon hakim agung. Tercatat ia melaporkan kekayaan Rp 3,4 miliar. Paling banyak dari tanah dan bangunan di Deli Serdang, Payakumbuh, dan dua unit rumah di Jakarta Selatan.

Simak juga 'KY Gandeng KPK Telusuri Rekam Jejak Calon Hakim Agung':

[Gambas:Video 20detik]



(asp/mae)