Jokowi: Angka COVID di Jawa-Bali Sedikit Turun, BOR Wisma Atlet 25%

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 10:02 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur kasus COVID-19 di Jawa dan Bali menurun. Tingkat keterisian rumah sakit pun semakin melandai.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat meresmikan Rumah Sakit Modular Pertamina, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Jumat (6/8/2021). Jokowi mengatakan penurunan terutama terjadi di Jakarta.

"Kita patut bersyukur bahwa pada pagi hari ini, angka-angka menunjukkan bahwa pandemi di Jawa dan di Bali mulai sedikit menurun dan utamanya di Jakarta saya melihat selalu angka-angka BOR saya lihat setiap hari, setiap malam," ujar Jokowi.

Jokowi kemudian mengungkapkan BOR Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet yang turun drastis menjadi 25 persen. Kendati demikian, Jokowi meminta semua pihak tetap waspada.

"Dan tadi pagi, kalau mungkin 6 minggu atau 8 minggu yang lalu, di Wisma Atlet BOR-nya di sekitar 90 persen. Pagi hari ini tadi saya mendapatkan informasi angkanya sudah berada pada posisi 25 persen BOR-nya. Tetapi juga kita harus tetap waspada, hati-hati, terus bersiap-siap, berjaga-jaga," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan terima kasih atas pembangunan RS Modular Pertamina. Jokowi berharap rumah sakit dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya berterima kasih kepada Menteri BUMN, kepada Pertamina, yang telah menyiapkan Rumah Sakit Modular Pertamina ini dengan kapasitas 305 tempat tidur yang komplet dengan HCU dan ICU dan lebih bagus lagi ada juga ICU khusus untuk anak-anak dan bayi dan ibu-ibu sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak," ujar Jokowi.

(knv/imk)