detikcom Do Your Magic

Truk-truk Parkir Makan Badan Jalan, Warga Jaksel Komplain ke Pemprov

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 15:44 WIB
Truk-truk parkir berjejer di Jl Duren Bangka, Jaksel, memakan nyaris setengah badan jalan, 5 Agustus 2021. (Sumber: Yusuf, warga)
Truk-truk parkir berjejer di Jl Duren Bangka, Jaksel, memakan nyaris setengah badan jalan, 5 Agustus 2021. (Sumber: Yusuf, warga)
Jakarta -

Warga senior bernama Yusuf (71) terganggu oleh adanya truk-truk yang parkir berjejer di jalanan yang tak jauh dari Kemang, Jakarta Selatan. Dia mengajukan komplain ke pihak Pemprov DKI Jakarta meminta solusi atas masalah ini.

Truk-truk acap kali diparkir sembarangan di Jl Duren Bangka, Pancoran, Jakarta Selatan (Jaksel) tepatnya di seberang SMPN 124 Jaksel. Yusuf melaporkan kejadian tersebut ke Pemprov DKI Jakarta melalui akun Twitter resmi, @DKIJakarta.

Saat ini pihak Pemprov DKI Jakarta sudah merespons dan menerima laporan tersebut. Yusuf mengucapkan terima kasih atas penerimaan laporan tersebut oleh Pemprov DKI Jakarta. Dirinya meminta agar Jakarta ditata, sehingga tidak menjadi perkampungan kumuh dan menyinggung perihal komentar warga negara asing yang berkunjung ke Jakarta.

Dimintai konfirmasi detikcom Do Your Magic secara terpisah, Yusuf mengatakan, parkir liar sejumlah truk di area tersebut bermula sejak awal pandemi COVID-19.

"Sejak PSBB itu pas awal pandemi Corona betul," ujar Yusuf saat dimintai konfirmasi, Kamis (5/8/2021).

Dirinya menilai parkir liar truk di tikungan jalan tersebut dapat membahayakan pengguna jalan. Sejumlah truk yang diparkir sembarangan di kawasan tersebut sejak malam hingga pagi hari.

"Itu dari malam sekitar jam 10-12 malam sampai jam 8 atau 9 pagi masih ada. Dan waktu saya foto tadi itu juga udah siang itu, makanya itu bahaya sekali pas di tikungan banyak orang lewat. Nggak tahu kalau ada truk gitu," kata Yusuf.

Truk-truk parkir berjejer di Jl Duren Bangka, Jaksel, memakan nyaris setengah badan jalan, 5 Agustus 2021. (Sumber: Yusuf, warga)Truk-truk parkir berjejer di Jl Duren Bangka, Jaksel, memakan nyaris setengah badan jalan, 5 Agustus 2021. (Sumber: Yusuf, warga)

Diketahui, jalan tersebut merupakan jalan alternatif yang sering padat kendaraan. Kendati begitu, Yusuf tidak mengetahui secara pasti alasan sejumlah truk kerap parkir liar di tikungan jalan tersebut.

"Padat, itu jalur alternatif padat itu. Ramailah, dekat pasar juga," ucap Yusuf.

Terlihat, truk-truk oranye berpelat merah itu berjejer di pinggir jalan tapi memakan nyaris setengah badan jalan. Belum jelas betul siapakah pemilik truk ini dan kenapa truk diparkir di lokasi.

(dnu/dnu)