NIK Warga Bekasi Dipakai WNA Vaksin di KKP Tj Priok, Polisi Turun Tangan

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 15:05 WIB
Guna atasi pandemi COVID-19, wajib vaksin pun jadi syarat bagi warga untuk beraktivitas di Ibu Kota. Program vaksinasi COVID-19 pun terus digenjot di Jakarta.
Ilustrasi vaksin COVID-19 (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Seorang warga Bekasi bernama Wasit Ridwan tidak bisa ikut vaksinasi lantaran nomor induk kependudukannya (NIK) telah digunakan warga negara asing (WNA). Warga asing itu diketahui telah melakukan vaksinasi di KKP Tanjung Priok.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis membenarkan kabar tersebut. Pihaknya kini akan meminta keterangan kepada petugas KKP Tanjung Priok.

"Kita bantu KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) untuk menelusuri apakah ini ada kesalahan administratif atau ada dugaan peristiwa lain," kata Kholis saat dihubungi detikcom, Rabu (4/8/2021).

Selain itu, Kholis mengatakan pihaknya pun telah mengklarifikasi kepada Wasit Ridwan, warga Bekasi yang NIK-nya dipakai tersebut. Menurut Kholis, klarifikasi dari pihak warga itu telah selesai dan menemukan titik terang.

"Untuk yang sudah kita lakukan itu kita sudah konfirmasi ke warga Bekasi tersebut dan yang bersangkutan sudah mendapatkan vaksinasi di Bekasi," ujar Kholis.

Klarifikasi kepada petugas KKP Tanjung Priok pun sudah berjalan. Kholis masih enggan membeberkan hasil klarifikasi tersebut.

"Kalau secara informal kita jemput bola, sudah datangi ke KKP. Kita sudah cek datanya, masih ditelusuri, masih kita cari," jelas Kholis.

Telusuri Dugaan Pidana

Dia menambahkan penelusuran dan klarifikasi itu digunakan untuk memastikan ada-tidaknya pelanggaran hukum dari peristiwa tersebut.

"Apakah dalam kasus ini ada kesalahan input apa ada salah-salah ketik, salah memasukkan data atau ada kesalahan-kesalahan lain yang sifatnya administratif atau ada kekeliruan lain seperti adanya dugaan pemalsuan," terang Kholis.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Saksikan juga 'Jangan Diserobot! Vaksin Booster Covid-19 Diprioritaskan untuk Nakes':

[Gambas:Video 20detik]