Penumpang Bus di Terminal Kampung Rambutan Turun 90% Imbas Corona

Athika Rahma - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 12:14 WIB
Terminal Kampung Rambutan mengalami penurunan jumlah penumpang saat pemberlakuan PPKM Darurat. Penurunan itu berpengaruh terhadap nasib porter di terminal tersebut.
Terminal Kampung Rambutan (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak lima perusahaan otobus (PO) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, setop operasi sementara imbas pandemi. PO bus itu tak beroperasi sejak tahun lalu.

"(PO bus ) yang stop operasi sementara ada, sekarang ini ada 5 di Kampung Rambutan. Ada Maju Lancar, Garuda Emas. Rata-rata trayek ke Jawa Tengah," ujar Kepala Terminal Kampung Rambutan Made Jony, kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Made mengatakan sudah 6 bulan PO Bus tidak mengantar dan menjemput penumpang di Terminal Kampung Rambutan. Made mengaku belum mendapat informasi kapan PO bus yang setop sementara itu beroperasi kembali.

"Mereka menunggu saja sampai keadaannya membaik. Bukan tutup ya, tapi setop operasi sementara saja," ujarnya.

Made juga tidak bisa memprediksi apakah akan ada PO bus lain yang bakal menyusul tak beroperasi. Dia menerangkan sejauh ini penumpang di Terminal Kampung Rambutan turun hingga 90 persen.

"Sejak PPKM darurat, lalu ke PPKM level 4 sampai diperpanjang sekarang itu turun 60 persen dibanding sebelum PPKM. Kalau sekarang PPKM dibandingkan dengan sebelum pandemi 90 persen," ujarnya.

(idn/idn)