detikcom Do Your Magic

Proyek Pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang Belum Selesai Dikerjakan

Nur Aziza - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 18:00 WIB
Proyek pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang masih dikerjakan.
Foto: Nur Aziza/detikcom
Jakarta -

Pasar Lontar atau Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang sempat terbakar, masih dalam proses perbaikan. Namun beberapa pedagang sudah membuka lapak dagangan di area kebakaran tersebut.

Pantauan detikcom pukul 16.15 WIB Selasa (3/8/2021), lokasi pembangunan masih dipasangi seng yang tergembok dan bertulisan "Maaf Jangan Parkir Depan Pintu Keluar". Di depan lokasi pun terdapat pedagang kaki lima berjualan. Namun sisi samping lokasi tak ditutupi seng hingga digembok sehingga memungkinkan warga masuk lokasi proyek.

Dalam lokasi proyek tampak ada lima tukang sedang melakukan pekerjaannya. Dua tukang mengecat sisi kios dan yang lainnya mengerjakan bagian toilet. Masih terdapat material bangunan seperti batu-batuan di dalam lokasi, kaleng cat, karung semen, dan peralatan lainnya, seperti tangga dan sendok semen.

Ada bangunan berbentuk huruf L (leter L) di sisi kiri yang sudah terpasang plafon berbahan baja jaringan tetapi belum dipasangi pintu. Bangunan berbentuk L ini, menurut tukang yang ditemui dilokasi, dibagi menjadi 48 kios dengan sekat batu bata ringan atau hebel. Kios tampak sudah dicat dan dipasangi kabel listrik tetapi belum diaktifkan.

Toilet pun dibangun di tengah-tengah bangunan berbentuk L ini. Ada empat toilet yang dibangun dan sudah terpasang keramik putih serta kabel listrik tetapi belum aktif. Kloset serta pintu toilet pun belum terpasang tetapi bahannya sudah terlihat di lokasi.

Selain bangunan berbentuk L, terdapat bangunan di tengah lokasi yang memuat sekitar 108 kios meski belum diberi sekat seperti halnya bangunan berbentuk L. Bangunan di tengah ini pun tampak sudah dipasangi tiang untuk dipasangi plafon.

Adapun dalam lokasi proyek terdapat empat kios pedagang yang berbahan dari tripleks. Pedagang yang berjualan dalam lokasi proyek pembangunan antara lain menjual sembako, bawang-bawangan, bahan masakan, serta cabai.

Selain di dalam lokasi pembangunan, sisi samping kanan memang terdapat pedagang berjualan dengan menyediakan meja. Sementara itu, sisi samping kiri lokasi pembangunan terdapat penjual kambing berjejer.

Pedagang di Pasar Kambing Tanah Abang, KasiatiPedagang di Pasar Kambing, Tanah Abang, Kasiati (Nur Aziza/detikcom)

Keadaan pasar cenderung sepi pembeli. Beberapa penjual masih tidak mengenakan maskernya, sedangkan pembeli yang berdatangan tampak memakai maskernya.

Salah satu pedagang yang membangun kios tripleks, Kasiati (53), menyebut telah berjualan di lokasi sekitar dua bulan setengah. Dia mengaku sudah mendapat izin membangun kiosnya di area dalam pasar.

"Nggak (masalah), aman. Memang diizinkan atasan proyek," kata Kasiati di lokasi.

Dia berharap pembangunan pasar cepat selesai sehingga pedagang yang menjadi korban kebakaran bisa kembali berjualan. Saat ini korban kebakaran berjualan di pinggir jalan di Pasar Kambing.

"Semoga cepat selesai. Agar teman-teman bisa dagang semua," katanya.

Diketahui, Pasar Kambing terbakar pada 8 April 2021. Proyek pembangunan Pasar Kambing telah dilakukan pada Mei 2021. Dirut Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin memperkirakan pembangunan Pasar Kambing, Tanah Abang, akan rampung dalam beberapa bulan. "2-4 bulan," kata Arief melalui pesan singkat, (28/5).

Proyek pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang masih dikerjakan.Proyek pembangunan Pasar Kambing, Tanah Abang, masih dikerjakan. (Nur Aziza/detikcom)
(aik/aik)