Wakapolri Tinjau PPKM Level 4 di Medan, Ingatkan Jangan Kendor Prokes

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 13:37 WIB
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono kunker ke Sumut. Dia mengecek langsung kegiatan vaksinasi hingga tempat isolasi terpusat di Kota Medan. (Datuk Haris/detikcom)
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono kunker ke Sumut. Dia mengecek langsung kegiatan vaksinasi hingga tempat isolasi terpusat di Kota Medan. (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Sumatera Utara (Sumut). Dia mengecek langsung kegiatan vaksinasi hingga tempat isolasi terpusat di Kota Medan.

"Kedatangan saya ke Sumatera Utara ini untuk melihat langsung, yang pertama pelaksanaan dari pada vaksinasi yang kita laksanakan di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Sumut dan di Kota Medan," kata Komjen Gatot kepada wartawan di Medan, Selasa (3/8/2021).

Dia juga memantau penerapan PPKM level 4 di wilayah Menteng, Kota Medan. Dia menilai penerapan protokol kesehatan (prokes) sudah cukup baik.

"Di mana masyarakat sudah melaksanakan 5M, bahkan ketika mereka mau belanja pun membuat suatu grup WhatsApp sehingga belanjanya dibawa ke rumah masing-masing. Ini saya kira contoh yang baik," katanya.

Dia mengatakan mobilitas harus dikurangi untuk menekan risiko penularan. Dia berharap penegakan prokes ini dapat ditiru warga lain.

Gatot juga menyebut bahwa jiwa sosial masyarakat cukup tinggi. Masyarakat mengumpulkan bantuan yang kemudian dibagikan kepada warga terdampak pandemi.

"Untuk tingkat sosial juga cukup tinggi, di mana masyarakat itu mengumpulkan bantuan-bantuan sosial yang mereka hitung sendiri dan diberikan mereka yang berdampak secara ekonomi karena pandemi ini," ujar Gatot.

Dia juga mengingatkan warga yang sudah divaksinasi tetap menjaga prokes. Pandemi COVID-19, lanjutnya, harus ditangani bersama.

"Jangan euforia, tetap 5M dilaksanakan. Mudah-mudahan dengan kolaborasi, singergi, koordinasi, dan kerja sama kita bisa memutus mata rantai COVID-19," sebut Gatot.

Selain itu, Gatot menyebutkan saat ini sudah ratusan personel Polda Sumut yang terpapar COVID-19. Pihaknya juga telah menyiapkan tempat isolasi khusus bagi anggota serta keluarganya.

"Di Polda Sumut ini ada lebih-kurang yang terpapar itu 200 orang, tetapi sudah pada sembuh. Kita juga sudah menyiapkan isolasi terpadu khusus kepada anggota kita dan keluarganya," ucap Gatot.

Dalam kesempatan ini, Wakapolri awalnya didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengecek lokasi vaksinasi di GOR Pancing, Deli Serdang. Mereka kemudian menuju tempat isolasi di kawasan Menteng Kota Medan.

Setelah itu, rombongan ke tempat isolasi terpusat di eks Hotel Soechi yang disambut langsung oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

(jbr/jbr)