Tabrak Lari Pesepeda di Makassar, Sopir Mobil Rescue Ngaku Ngantuk-Panik

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 20:38 WIB
Mobil rescue Dinsos di Makassar tabrak lari pesepeda. (dok. Istimewa)
Mobil rescue Dinsos di Makassar tabrak lari pesepeda. (Dok. Istimewa)
Makassar -

Sopir mobil rescue Dinsos Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Subhan, ditangkap polisi akibat melakukan tabrak lari pesepeda di Makassar. Kepada polisi, Subhan berdalih kabur karena ketakutan.

"Sudah diamankan," kata Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP M Kadarislam saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (30/7/2021).

Kadarislam mengatakan Subhan tengah mengantuk saat berkendara di Jalan Nusantara, Makassar, Rabu (28/7), sekitar pukul 06.30 Wita.

"Sementara sudah kita periksa, ya menang dalam kondisi ngantuk dia bawa mobil," ucap Kadarislam.

Sopir Ngaku Ngantuk-Panik

Karena situasi tersebut, Subhan tak sadar mobil rescue yang ia kemudikan keluar jalur dan melawan arah. Selanjutnya menabrak seorang pesepeda.

"Begitu ngantuk, oleng ke kanan ada pesepeda di situ (kemudian ditabrak) akhirnya dia berhenti sebentar," ucapnya.

Meski berhenti sebentar, Subhan yang dalam kondisi panik akhirnya kembali memacu kecepatan mobilnya dari lokasi kejadian. Di sini Subhan berdalih ketakutan karena curiga dia menjadi sasaran main hakim sendiri.

"Cuma karena tidak memungkinkan situasi di situ, dia takut ada apa-apa akhirnya ambil keputusan pergi dari TKP itu," katanya.

Kadarislam mengatakan pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap Subhan. Akibat perbuatannya, Subhan terancam dijerat dengan Pasal 312 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Arahnya ke sana (terancam jadi tersangka) tapi sementara ini dia masih terperiksa," ucap Kadarislam.

Insiden Tabrak Lari

Diberitakan sebelumnya, sebuah mobil rescue dengan nomor polisi B-9551-PSD melakukan tabrak lari terhadap pesepeda di Jalan Nusantara, Makassar, Rabu (28/7) sekitar pukul 06.30 Wita. Insiden ini terekam kamera pengawas atau CCTV hingga viral di media sosial (medsos).

Polisi yang menyelidiki insiden tersebut awalnya menduga mobil rescue itu milik Dinsos Sulsel. Namun, setelah dikonfirmasi lebih lanjut, mobil rescue itu ternyata milik Kementerian Sosial (Kemensos) yang saat ini sedang dipinjamkan ke Dinsos Takalar.

Selanjutnya, sopir mobil rescue tersebut dijemput polisi di Takalar dan diamankan ke Polres Pelabuhan Makassar untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

(hmw/jbr)