WHO: 7 Provinsi RI Alami Penularan Corona Tinggi, 5 dari Luar Jawa-Bali

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 09:59 WIB
Penerapan PPKM Level 4 mewajibkan pengguna Commuter Line untuk membawa STRP. Begini kondisi penumpang Commuter Line di Stasiun Kota.
Foto: Suasana PPKM Level 4 di DKI Jakarta (Pradita Utama)

10 Provinsi Alami Peningkatan 25%

Selain itu, 10 di antara provinsi di Indonesia mengalami peningkatan penularan kasus hingga 25%. Bahkan, penularan kasus 50% atau lebih terjadi di Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

"Sepuluh di antara provinsi tersebut mengalami peningkatan di atas 25%, termasuk dua dengan peningkatan 50% atau lebih: Kalimantan Utara (58%) dan Kalimantan Selatan (50%). Semua Provinsi di Jawa, kecuali Jawa Tengah, mengalami penurunan jumlah dari kasus yang dilaporkan. Namun demikian, penanganan kesehatan masyarakat dan tindakan sosial yang ketat (PHSM) harus terus diterapkan di seluruh negeri," ungkapnya.

Untuk Jakarta, kasusnya memang sedang turun. Namun, angka tersebut masih termasuk tingkat tinggi.

"Jawa dan Bali telah mengalami peningkatan tajam dalam angka kejadian sejak Juni. Kasus mingguan COVID-19 meningkat di enam provinsi selama minggu 19-25 Juli. Meskipun DKI Jakarta melaporkan penurunan kasus, itu tetap pada tingkat tertinggi dari skenario penularan komunitas dalam enam minggu terakhir. DI Yogyakarta juga tetap berada di CT4 pada tiga minggu terakhir," ujarnya.


(rdp/rdp)