Hal Genting di Balik Pasien Isoman di Jakarta Ramai-ramai Jajan Bakso

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 17:28 WIB
Satpol PP Jakbar Temukan Pedagang Bakso
Satpol PP Jakbar Temukan Pedagang Bakso (20Detik)
Jakarta -

Ada hal genting di balik kejadian tukang bakso keliling di Jakarta Barat yang melayani pasien Corona di hotel. Epidemiolog menyoroti hal genting itu adalah sosialisasi terkait isoman yang perlu dievaluasi.

Epidemiolog Griffith University, Australia, Dicky Budiman, bahkan mengaku tersenyum getir saat tahu soal kejadian ini. Artinya, kata dia, wawasan warga terkait isoman ini kurang.

"Ini antara tersenyum, tapi tersenyum getir. Ini menunjukkan betapa luar biasa literasi tentang orang isoman ini kurang," kata Dicky kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

"Tapi kita ini bersama. Bukan pemerintah saja. Jadilah pengelola isolasi yang bertanggung jawab, yang profesional juga," lanjutnya.

Dia menjelaskan, alih-alih ke luar hotel, pasien isoman ke luar kamar saja tidak boleh. Keluar untuk jajan bakso artinya sudah keluar melewati dua lapis isolasi.

"Jangankan keluar hotel, keluar dari kamar itu nggak boleh. Kalau jajan bakso itu artinya keluar dua lapis, keluar kamar dan hotel," tuturnya.

Dia menilai kelalaian ini bisa disebabkan pengelola hotel yang tidak paham soal monitoring pasien isoman. Namun, hal ini bisa juga karena sosialisasi yang perlu dievaluasi.

"Kemungkinannya satu, pengelola hotel tidak paham monitoring. Atau aparat atau misalnya Pemda tidak paham monitoring-nya. Atau sosialisasi bagaimana menjadi penyelenggara karantina yang perlu dievaluasi," ungkapnya.

Simak video 'Momen Petugas Jemput Tukang Bakso yang Layani Pasien Corona':

[Gambas:Video 20detik]