Takbir-Tangis Warga Iringi Pemakaman Ketua MUI Labura yang Tewas Dibacok

Antara - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 15:14 WIB
Suasana pemakaman almarhum Ketua MUI Labura Aminurrasyid Aruan di tempat pemakaman umum Kampung Terutung Kelurahan Aekkanopan. (ANTARA/Sukardi)
Suasana pemakaman almarhum Ketua MUI Labura Aminurrasyid Aruan di tempat pemakaman umum Kampung Terutung Kelurahan Aekkanopan. (ANTARA/Sukardi)
Labuhanbatu Utara -

Pekikan takbir bergema dan sebagian jemaah menangis saat pemberangkatan jenazah Ketua MUI Labura Aminnur Rasyid Aruan yang tewas dibacok. Ada sekitar seribu jemaah yang ikut salat jenazah.

Dilansir dari Antara, Rabu (28/7/2021), salat jenazah digelar di Masjid Raya Al Aman Aekkanopan. Jemaah yang diperkirakan lebih-kurang seribu orang tersebut memadati masjid yang berada di sisi Jalan Lintas Sumatera Aekkanopan itu.

Jemaah yang tertinggal salat jenazah diberi kesempatan untuk melaksanakan salat jenazah gelombang kedua. Usai salat, imam salat meneriakkan takbir yang langsung disambut oleh jemaah yang memenuhi masjid tersebut.

Bupati Labura Hendriyanto Sitorus dan Wabup Samsul Tanjung, Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak, Ketua DPRD Labura Indra SB Simatupang, dan sejumlah pejabat ikut menyalatkan jenazah. Jenazah kemudian dibawa ke pemakaman umum Kampung Terutung, Kelurahan Aekkanopan.

Wabup Labura didampingi terlihat mengikuti prosesi pemakaman hingga akhir. Mantan Wakil Bupati Labura, Minan Pasaribu, juga terlihat di pemakaman.

Sebelumnya, Ketua MUI Labura Aminnur Rasyid Aruan tewas dibacok saat berkendara. Pelaku pembacokan sudah ditangkap polisi.

"Ya benar pelaku sudah kita amankan," kata Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, saat dimintai konfirmasi, Selasa (27/7).

Pembacokan itu diduga berawal dari terduga pelaku, Suprianto alias Anto Dogol (35), yang tak terima ditegur Aminnur. Dia ditegur karena diduga mencuri sawit.

"Korban menyampaikan kepada pelaku agar jangan lagi mencuri sawit di kebun miliknya. (Sehari-hari) pelaku ini memang merupakan pegawai dari korban di kebun tersebut," ucap Deni.

Simak juga video 'Polisi Kantongi Identitas Pelaku Pembacokan Ketua MUI Labura Sumut':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/idh)