Jokowi Disomasi, Faldo Jelaskan Upaya Tangani Kelangkaan Oksigen

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 15:12 WIB
Faldo Maldini
Faldo Maldini (Ari Saputra/detikcom)

Kemudian, koalisi melayangkan somasi kepada Jokowi dan dua menterinya karena dinilai gagal memenuhi kebutuhan dasar pada saat tanggap darurat. Adapun Presiden Jokowi telah mengeluarkan Keppres 12/2020 untuk menetapkan status bencana nasional non alam, kemudian Pasal 48 d UU 24/2007 mengatur terkait penyelenggaraan penanggulangan bencana pada saat tanggap darurat meliputi pemenuhan kebutuhan dasar. Selain itu di Pasal 53 UU 24/2007 diatur pemenuhan kebutuhan dasar meliputi bantuan penyediaan kebutuhan air bersih dan sanitasi, pangan, sandang, pelayanan kesehatan, pelayanan psikososial, penampungan dan tempat hunian.

Sementara itu, dalam masa pandemi COVID-19, Koalisi menilai mestinya pemerintah menyediakan ketersediaan tabung oksigen sebagai kebutuhan utama penyakit terkait pernapasan.

"Bahwa tabung oksigen, oksigen adalah kebutuhan utama penyakit yang terkait pernapasan dan menjadi kewajiban Pemerintah untuk menyediakannya. Dalam konteks saat ini, kegagalan ini berakibat fatal pada beberapa kondisi setidaknya meninggal saat menunggu kamar dan meninggal karena tidak mendapatkan oksigen meskipun berada di rumah sakit," tulis surat somasi itu.


(knv/tor)