PPKM Level 4 Dilanjutkan, Jokowi Minta Vitamin-Suplemen Dibagikan Maksimal

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 19:33 WIB
Presiden Jokowi mendadak mengunjungi sebuah apotek di Bogor Jokowi mengecek langsung ketersediaan obat antivirus hingga vitamin.
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memperpanjang PPKM level 4 dengan pelonggaran untuk usaha kecil. Jokowi juga memerintahkan para menteri terkait untuk membagikan vitamin dan suplemen ke masyarakat secara maksimal.

"Secara khusus saya minta kepada para menteri terkait juga segera melakukan langkah-langkah maksimal untuk membagikan vitamin, suplemen, kepada masyarakat," kata Jokowi dalam konferensi virtual yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

Tak hanya soal vitamin dan suplemen, Jokowi juga meminta agar dukungan obat-obatan hingga pengobatan di rumah sakit diberikan secara maksimal.

"Memberikan dukungan obat-obatan dan konsultasi dokter terhadap isolasi mandiri serta dukungan pengobatan di rumah sakit," terang Jokowi.

Jokowi juga meminta agar angka kematian pasien Corona di Tanah Air ditekan. Seperti diketahui, angka kematian Corona harian di Indonesia merangkak naik dalam beberapa hari terakhir.

"Angka kematian harus ditekan semaksimal mungkin, dan untuk daerah-daerah yang memiliki angka kematian yang tinggi, peningkatan kapasitas rumah sakit, isolasi terpusat, dan juga ketersediaan oksigen perlu ditingkatkan segera," sebut Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, nasib PPKM level 4 yang berakhir malam ini, 25 Juli, menemui kejelasan. Presiden Jokowi memutuskan memperpanjang PPKM level 4 dengan pelonggaran usaha kecil.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan melanjutkan menerapkan PPKM level 4 dari 26 Juli sampai 2 Agustus, namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati," ucap Jokowi dalam konferensi pers.

(zak/knv)