Menhub-KSAL Prihatin Vaksinasi COVID-19 di Cilegon Baru 18%

M Iqbal - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 13:21 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi dan KSAL Laksamama TNI Yudo Margono menyoroti vaksinasi COVID-19 di Cilegon, Banten, baru capai 18%. (M Iqbal/detikcom)
Menhub Budi Karya Sumadi dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menyoroti vaksinasi COVID-19 di Cilegon, Banten, baru mencapai 18 persen. (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono meninjau vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Merak, Banten. Keduanya mengaku prihatin tingkat vaksinasi di Cilegon baru 18 persen.

"Kita sangat prihatin karena tadi baru terlaksana 18 persen, padahal di tempat lain sudah lebih dari itu," kata KSAL Laksamana Yudo Margono di Pelabuhan Merak, Selasa (27/7/2021).

TNI AL, kata Yudo, siap membantu mempercepat proses vaksinasi jika dibutuhkan Pemerintah Kota Cilegon. KSAL mengaku sudah memerintahkan pasukannya untuk membantu serbuan vaksinasi.

"Saya sudah perintahkan semua unsur gelar semuanya untuk fokus pada vaksinasi ke masyarakat pesisir," kata dia.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk mempercepat proses vaksinasi bagi ABK dan penumpang kapal, Kemenhub bekerja sama dengan TNI AL menerapkan sistem jemput bola.

Proses vaksinasi dilakukan di atas kapal. Tenaga kesehatan dari TNI AL dikerahkan memvaksinasi ABK di kapal yang sedang lego jangkar.

"Kita bersama-sama TNI AL sudah melaksanakan vaksinasi, suatu contoh yang baik di mana TNI AL dengan timnya melaksanakan vaksinasi. Kapal ini akan ke kapal-kapal agar tervaksinasi semuanya," kata Budi.

(jbr/jbr)