Round-Up

Duka Lansia Wafat Tak Tertangani Sebab Ratusan Nakes Isolasi Mandiri

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 05:40 WIB
Seorang nenek meninggal di ambulans karena ditolak RSUD AW Syahranie. (dok. Istimewa)
Foto: Seorang nenek meninggal di ambulans karena ditolak RSUD AW Syahranie. (dok. Istimewa)
Samarinda -

Nenek berusia 80 tahun tutup usia di rumah sakit (RS) dalam kondisi belum tertangani. Pasalnya saat itu ratusan tenaga kesehatan (nakes) tengah isolasi mandiri.

Peristiwa duka ini terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AW Syahranie, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Yuda Herlin Pratama (23) menceritakan ibunya dilarikan ke RS karena mengalami sesak nafas.

Yuda mengantar ibunya ke RS pada Senin (26/7) menggunakan ambulans. Namun mereka sempat tertahan di pintu masuk rumah sakit oleh 2 orang petugas keamanan.

"Mereka setop mobil ambulans yang membawa ibu saya dan melarang masuk mobil ambulans dengan alasan RS sudah penuh, padahal saat itu ibu saya lagi membutuhkan pertolongan," kata Yuda kepada detikcom di lokasi.

Meski ditolak, Yuda terus berupaya agar ibunya bisa dimasukkan ke dalam RS agar mendapat perawatan. Petugas tetap melarang dengan alasan tempat tidur penuh dan oksigen habis.

"Mereka juga mengatakan tempat tidur maupun oksigen habis sehingga mereka terus melarang mobil ambulans milik Masjid At Taufik yang membawa ibu saya masuk," jelas Yuda.

Usai 20 menit berdebat, Yuda diizinkan membawa ibunya ke UGD. Namun ibunda Yuda meninggal dunia di depan pintu UGD dalam kondisi belum tertangani.

Keributan tak terhindarkan. Yuda meminta pertanggungjawaban.

"Karena kesal dengan ulah rumah sakit keluarga pun akhirnya mengamuk dan meminta pertanggungjawaban pihak RS, khususnya dua petugas keamanan yang sempat menghadang ambulance tadi," kata Yuda.

Simak penjelasan pihak RS di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Ditolak Sejumlah RS, Pasien Corona Datangi Kantor Gubernur Kaltim

[Gambas:Video 20detik]