Kejar Herd Immunity, Polres Jakbar Gandeng 700 Relawan Gelar Vaksinasi

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 15:05 WIB
Polres Jakbar gandeng relawan untuk menggenjot vaksin COVID-19
Polres Jakbar gandeng relawan untuk menggenjot vaksin COVID-19 (Dok. Polres Jakbar)
Jakarta -

Upaya untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity terus dilakukan. Salah satunya dilakukan oleh jajaran Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat dengan menggandeng 700 relawan dalam melaksanakan vaksinasi.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo mengatakan relawan itu dinamakan Relawan Vaksin Merdeka. Bersama aparat kepolisian, para relawan itu akan menggelar vaksinasi di daerah yang belum terjangkau vaksin.

"Relawan Vaksin Merdeka akan disebar ke 209 RW yang dirasa kurang dijangkau program vaksinasi," kata Ady dalam keterangannya, Senin (26/7/2021).

Dalam program ini, polisi bekerja sama dengan Yayasan Tunas Bakti Nusantara. Ratusan relawan ini akan disebar di 8 kecamatan di Jakarta Barat.

Menurut Ady, kerja sama dengan 700 relawan ini pun untuk menindaklanjuti program vaksin merdeka yang dicanangkan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Diketahui, lewat program Vaksin Merdeka mulai Agustus nanti, diharapkan seluruh warga Jakarta telah menjalani vaksin dosis pertama.

"Jadi di Jakarta Barat ini ada 209 RW menjadi sasaran vaksinasi. Kenapa ada 209? Karena di sana dianggap di 209 RW itu sebaran vaksinasi cukup rendah," jelas Ady.

Sementara itu, perwakilan dokter Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Metro Jakbar dr Rendra Oskar menambahkan program ini untuk mempercepat kekebalan komunal di masyarakat. Diharapkan penyebaran COVID bisa ditekan jika cakupan masyarakat yang telah divaksinasi tinggi.

"Terima kasih kepada para relawan yang sudah mau membantu. Tentu kita tahu tujuan vaksinasi ini mempercepat proses menuju herd immunity tercapai," kata Rendra.

(ygs/mea)