Perkuat Tracing COVID, Pemerintah Upgrade PeduliLindungi

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 21:38 WIB
Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Screenshoot/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah akan memperkuat testing, tracing dan treatment dalam menangani pandemi COVID-19. Selain itu pemerintah juga akan mengoptimalkan digital tracing melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Pemerintah tadi disampaikan terkait dengan tracing ini akan mengoptimalkan digital tracing, yaitu sistem aplikasi PeduliLindungi," kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

Airlangga mengatakan sistem digital tracing melalui aplikasi PeduliLindungi akan di-upgrade untuk dapat melakukan screening di mal. Nantinya sistem tersebut akan terhubung dengan sistem pemerintah menggunakan QR Code untuk dapat men-skrining mereka yang telah divaksin atau yang telah di tes PCR.

"Nah ini akan di-upgrade (PeduliLindungi) untuk diintegrasikan untuk melakukan screening di mal atau pun di merchant karena ini akan dihubungkan dengan sistem di Kementerian Kesehatan dan di Kominfo sehingga menggunakan QR code bisa men-screen mereka yang sudah tervaksinasi dan juga yang juga sudah di tes PCR," ungkapnya.

Airlangga menyebut saat ini sistem tersebut sedang disiapkan. Ia berharap sistem tersebut akan segera dapat diterapkan ketika dilakukan pembukaan di tempat umum.

"Nah ini diharapkan pada saat nanti akan ada pembukaan di tempat-tempat umum diharapkan program PeduliLindungi ini bisa go live, bisa di siapkan," katanya.

Sebelumnya, Situs PeduliLindungi.id cek sertifikat vaksin jadi salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh warga yang ingin bepergian di masa PPKM, selain hasil negatif swab PCR bagi pelaku moda transportasi udara dan antigen bagi transportasi lainnya.

Apabila sudah melakukan vaksinasi dosis pertama atau kedua, sertifikat vaksin secara otomatis akan tersedia di PeduliLindungi.id. Cara ceknya bisa melalui aplikasi atau situs di laman resminya.

Cek sertifikat vaksin di PeduliLindungi bisa dilakukan dengan 3 cara. Tapi pertama-tama kamu harus memastikan NIK dan nomor telepon yang didaftarkan saat vaksinasi sama dengan yang akan digunakan untuk PeduliLindungi.id untuk cek sertifikat vaksin.

(yld/gbr)