Ada VIKA, Urus Administrasi Kepesertaan JKN-KIS Bisa di Rumah

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 10:21 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

BPJS Kesehatan memfasilitasi kebutuhan informasi bagi masyarakat Indonesia melalui beberapa media tanpa tatap muka, salah satunya adalah Voice Interactive JKN (VIKA). Hal itu membuat masyarakat dapat memenuhi kebutuhan administrasinya tanpa harus keluar rumah.

Menurut salah satu Peserta JKN-KIS Dessy Astrianti (45), meskipun aplikasi Mobile JKN sudah bisa dikatakan lengkap dalam hal pemberian informasi namun bagi beberapa orang yang tidak memiliki gawai berbasis android atau ios, fitur VIKA bisa dikatakan sebagai solusi.

"Dengan fitur VIKA saya dapat mengecek status kepesertaan dan tagihan iuran JKN-KIS orang tua saya yang tidak memiliki akun di aplikasi Mobile JKN, cukup dengan menekan nomor BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, kita bisa mendapatkan informasi status kepesertaan dengan menekan angka 1 dan informasi tagihan dengan menekan angka 2 selanjutnya kita cukup memasukkan nomor kartu JKN-KIS," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (25/7/2021).

Sekadar diketahui, VIKA merupakan layanan informasi berbasis mesin penjawab. Layanan ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan terkait JKN-KIS. VIKA hanya dapat diakses dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 1500 400. Setelah menghubungi nomor tersebut, peserta JKN-KIS akan diarahkan untuk menekan angka tertentu sesuai dengan informasi dan layanan yang dibutuhkan.

"Hadirnya VIKA membuat saya nyaman mengurus administrasi kepesertaan JKN-KIS sambil tetap nyaman dan aman di rumah saja, fitur Vika sangatlah bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang saat ini sedang bersama-sama berjuang melawan pandemi virus COVID-19, sehingga bisa dikatakan fitur Vika ini menjadi salah satu cara meminimalisasi penularan," lanjut Dessy

Dessy berharap ke depannya BPJS Kesehatan dapat terus berinovasi guna memudahkan peserta JKN-KIS mendapatkan informasi yang efektif dan efisien seperti aplikasi Mobile JKN dan fitur VIKA melalui Care Center 1500 400 sehingga semua informasi tentang Program JKN-KIS ada di dalam genggaman.

(akd/ega)