Cerita Peserta BPJS Kesehatan yang Terbantu Biaya Rumah Sakit

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 14:45 WIB
Peserta JKN-KIS
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Kehadiran Program JKN-KIS dinilai mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya masyarakat yang terbantu dalam memperoleh pelayanan di fasilitas kesehatan setiap hari.

Indra Permana adalah salah satunya. Sejak terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, Indra mengaku dirinya dan keluarga telah beberapa kali merasakan manfaat berobat. Seperti untuk persalinan sang istri beberapa bulan lalu di rumah sakit.

"Berobat sebagai pasien JKN-KIS juga akan memperoleh pelayanan yang sangat bagus. Dari beberapa kali pengalaman kami berobat sebagai pasien JKN-KIS, kami merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/7/2021).

Menurut Indra, JKN-KIS menjadi solusi berobat tanpa ribet. Ia mengatakan kini mahalnya biaya tak lagi momok dalam pengobatan, karena seluruh biaya tercover oleh program JKN-KIS.

Alhasil sebagai pasien yang berobat, dia tidak perlu lagi mengeluarkan uang dari kantong pribadi untuk membiayai pengobatan. Selain itu, pelayanan yang diberikan di fasilitas kesehatan pun cepat dan mudah.

"Pelayanannya membuat kami nyaman selama berobat. Baik dokter maupun perawat cukup sigap membantu kami. Selain itu, proses administrasinya juga cukup simpel dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengurusnya. Cukup menunjukkan Kartu JKN-KIS dan dicek oleh petugas. Setelah itu sudah bisa menunggu antrean untuk berobat," katanya.

Saat mengurus persalinan untuk kelahiran buah hatinya, Indra menyebut pelayanan yang diberikan baik. Begitu pula selama pengobatan, ia tak mengalami kendala apapun karena proses berjalan dengan lancar. Diakuinya, hal tersebut membuat keluarganya semakin percaya baiknya layanan yang diberikan kepada pasien JKN-KIS.

"Menjadi peserta JKN-KIS sangat menguntungkan. Dibandingkan dengan iuran yang selama ini kami bayarkan, manfaat yang kami peroleh jauh lebih besar. Bayangkan saja berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk persalinan terutama melalui operasi caesar," ujarnya.

"Namun dengan bantuan Program JKN-KIS, persalinan istri saya free. Semua biaya pengobatan juga dijamin. Belum lagi pengobatan-pengobatan kami yang lainnya," pungkasnya.

(ncm/ega)