Sudut Pandang

Kehilangan Pekerjaan, Pasutri ini Justru Berbagi Makanan

Isfari Hikmat - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 18:58 WIB
Jakarta -

Aji Salim dan istrinya, Lusiana Kurniawatie, terkena dampak pandemi setelah kehilangan pekerjaan mereka. Namun kondisi tersebut tidak membuat pasangan muda di Bintaro ini menyerah, keduanya bangkit dengan menekuni bisnis kuliner.

Namun kebijakan PPKM darurat membuat restoran mereka tidak lagi mendapatkan pelanggan, sedangkan gaji untuk pekerja harus terus dibayarkan. Mereka pun terpaksa mengubah strategi bisnisnya jadi restoran online untuk menekan biaya pengeluaran.

Kondisi yang sulit tidak membuat mereka lupa untuk berbagi sesama. Mereka menjalankan program Jumat Berkah di lingkungannya, program berbagi makanan setiap hari Jumat selama pandemi. Program ini sudah masuk batch (gelombang) ke-39.

Program ini sedikitnya membagikan sekitar 100 porsi nasi lengkap dengan lauk pauk dan paket sembako, pernah sampai 400 porsi. "Biarkan kami yang membuat dari kalian untuk senyum mereka setiap hari Jumat," ungkap Lusi mengulang tag line programnya.

Pada awal Juli 2021, Indonesia mengalami lonjakan tinggi akibat varian Delta COVID-19 yang direspons pemerintah dengan kebijakan PPKM darurat. Banyak pasien COVID-19 yang tidak tertampung di rumah sakit membuat Aji dan Lusi menambah program khusus untuk mereka yang isolasi mandiri (isoman).

Keduanya melihat pasien yang menjalani isoman alami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Akhirnya Aji dan Lusi pun memutuskan membantu memenuhi makan siang dan malam mereka selama jalani isolasi mandiri. "Setiap makan siang dan makan malam itu menunya kita bedain," kata Aji Salim.

(isf/fuf)