Pakai Aplikasi, Warga Terbantu Urus JKN-KIS Cuma dari Ponsel

Angga Laraspati - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 14:16 WIB
Peserta JKN-KIS
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Di masa pandemi kali ini, seorang peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Mariana Siregar memanfaatkan aplikasi digital dan layanan dari BPJS Kesehatan untuk mengurus JKN-KIS. Perempuan 47 tahun tersebut mengungkapkan sudah pernah menggunakan salah satu dari beberapa inovasi tersebut.

Perempuan yang akrab disapa Ana ini bercerita pada awalnya dirinya datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan karena ingin menurunkan kelas rawat. Sesampainya di sana, ia langsung disambung petugas dan ditanyakan keperluannya.

"Kemudian dijelasin kalau untuk perubahan kelas rawat, pindah Fasilitas Kesehatan (Faskes) dan lain-lain itu cukup pakai aplikasi Mobile JKN. Selain itu, juga diarahkan untuk pakai Pandawa jika mau melakukan pengurusan administrasi kepesertaan yang belum bisa lewat Mobile JKN," jelas Ana dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/7/2021).

Usai mendengar penjelasan tersebut, Ana yang berdomisili di Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan langsung mengutak-atik ponselnya untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN dan mencoba fitur-fitur yang ada di beranda aplikasi.

Tak butuh waktu yang lama bagi Ana untuk fasih mengoperasikan aplikasi yang baru saja ia gunakan. Menurut Ana, fitur-fitur yang tersedia sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat khususnya peserta Program JKN-KIS, terutama pada wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

"Cara penggunaan aplikasi Mobile JKN ini cukup sederhana dan mudah untuk dipahami, saya sudah mencoba beberapa fiturnya seperti menurunkan kelas rawat sesuai dengan tujuan awal. Kemudian juga bisa mengubah identitas diri seperti alamat surat, bisa cek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit dan masih banyak lagi," ungkap Ana.

"Saya mengapresiasi besar BPJS Kesehatan karena telah memberikan kami para peserta solusi terbaik agar mendapatkan pelayanan meski di tengah pandemi COVID-19 yang terus berjalan," lanjutnya.

Ana yang kesehariannya bekerja sebagai ibu rumah tangga dan pemilik warung makan mengaku akan menyampaikan informasi seputar kemudahan-kemudahan layanan BPJS Kesehatan kepada warga sekitar rumahnya dan juga para pelanggan warung makan miliknya.

Sebagai informasi, kian meningkatnya penyebaran COVID-19 di Indonesia membuat masyarakat cukup resah untuk beraktivitas seperti biasa, termasuk juga dalam hal mendapatkan pelayanan publik.

Meski menghadapi kondisi tersebut, BPJS Kesehatan tetap memberikan kemudahan bagi peserta yang ingin melakukan pengurusan administrasi kepesertaannya cukup dengan menggunakan gawai milik masing-masing peserta.

Adapun kemudahan dari BPJS Kesehatan tersebut berupa aplikasi digital dan kanal layanan tanpa tatap muka sehingga peserta cukup di rumah saja untuk mengaksesnya. Kemudahan tersebut antara lain aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, Chat Assistant JKN (CHIKA) dan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA).

(ncm/ega)