Terpapar Corona, Seorang WNI Koki Kapal Jepang Meninggal Dunia di Panama

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 10:52 WIB
closeup of a caucasian doctor man holding a world globe with a protective mask with the word coronavirus written in it
Foto ilustrasi (iStock)
Jakarta -

Dua orang anak buah kapal (ABK) Goei Maru Long 8 Liner meninggal terpapar virus Corona (COVID-19). Satu orang ABK merupakan warga negara Jepang dan satu orang lainnya adalah warga negara Indonesia (WNI) bernama Eman Suherman.

Dubes Panama untuk Indonesia, Sukmo Harsono, mengatakan pihaknya menerima informasi pada 21 Juli 2021 bahwa kapal Jepang itu akan merapat ke Pelabuhan Balboa, Panama, karena kedua ABK sakit. Tak berselang lama, keduanya meninggal.

"Pada tanggal 21, KBRI Panama menerima info bahwa kapal ikan bernama Goei Maru 8 long Liner akan merapat ke Pelabuhan Balboa, Panama, karena ada dua ABK yang sempat sakit dan akhirnya meninggal dunia, yaitu 1 WNI dan 1 WNA Jepang," kata Sukmo melalui keterangan tertulis, Sabtu (24/7/2021).

Sukmo menuturkan kapal mendarat di Pelabuhan Balboa, Panama, sehari kemudian. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan agen kapal tersebut untuk memproses dokumen Eman.

"Melakukan langkah-langkah sesuai protap dengan berkoordinasi dengan pihak agen kapal Jepang yang di Panama dan agen rekrutmen PT Lingkar Toya Nirwana perihal dokumen-dokumen ABK," tuturnya.

Sesampai di Pelabuhan Balboa, Panama, terhadap kedua jenazah dilakukan tes PCR oleh pihak kementerian kesehatan wilayah setempat. Hasil tes keduanya dinyatakan positif COVID-19.

"Jenazah dilakukan tes PCR dan oleh pihak Ministerio de Salud /Minsa (Kementerian kesehatan Panama) dinyatakan positif COVID-19," ujar Sukmo.

Selanjutnya, KBRI Panama membantu memenuhi hak-hak Almarhum: