Aksi Blusukan Jokowi Kala Pandemi: Bagi Sembako-Cek Obat

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 07:52 WIB
Presiden Jokowi mendadak mengunjungi sebuah apotek di Bogor Jokowi mengecek langsung ketersediaan obat antivirus hingga vitamin.
Blusukan Jokowi ke apotek di Bogor (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali blusukan di tengah pandemi. Terbaru, Jokowi mendatangi apotek di Bogor dan menanyakan ketersediaan obat terapi COVID-19, yakni Oseltamivir dan Favipiravir.

Blusukan Jokowi ini di tengah masa pandemi ini bukan pertama kalinya. Jokowi sebelumnya juga blusukan ke permukiman warga untuk memberikan sembako.

Jokowi juga pernah mengunjungi RS Darurat Corona Asrama Haji serta Rusun Pasar Rumput untuk memastikan kesiapan sebagai tepat isolasi pasien COVID-19. Simak rangkuman blusukan Jokowi di masa pandemi ini:

RS Darurat Corona Asrama Haji

Jokowi mengunjungi Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, beberapa hari sebelum rumah sakit darurat COVID-19 beroperasi. Rumah sakit darurat ini dibuat untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kasus Corona di Jakarta dan sekitarnya.

Kunjungan Jokowi ke Asrama Haji Pondok Gede ini terekam lewat video yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7/2021). Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menkes Budi Gunadi Sadikin.

"Wisma Haji ini bisa menampung nantinya sudah kita siapkan untuk 900 tempat tidur plus 50 ICU dan 40 HCU, sehingga yang sakit terkena COVID nanti bisa dibawa dirawat di Wisma Haji ini," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, selain asrama haji, pemerintah menyiapkan tempat isolasi Corona di tempat lain. Pemerintah juga menambah tempat tidur di Wisma Atlet.

"Kita tahu bahwa, selain di wisma haji ini, juga telah disiapkan tetapi untuk isolasi, yaitu di rumah susun di Nagrak, Cilincing, sebanyak 2.273 tempat tidur dan juga sudah kita siapkan rusun di Pasar Rumput sebanyak 3.986 kapasitasnya. Kita juga telah menambah di Wisma Atlet sebanyak 1.200 tempat tidur lagi dan kita harapkan ini bisa menambah kapasitas apabila terjadi lonjakan," ujar Jokowi.

Beberapa hari setelahnya, Jokowi kembali datang ke Asrama Haji Pondok Gede. Kali ini Jokowi memastikan rumah sakit untuk penanganan COVID-19 bisa dioperasikan Sabtu (10/7).

"Besok pagi, RS Wisma Haji ini sudah bisa dioperasikan," kata Presiden Jokowi, disiarkan lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (9/7).

Rusun Pasar Rumput

Selanjutnya Jokowi meninjau Rusun Pasar Rumput, Jaksel, yang disiapkan untuk isolasi pasien COVID-19. Jokowi ditemani oleh Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Saya sengaja dengan Menteri PUPR dan Kepala BNPB datang langsung untuk mengecek kesiapan Rusun Pasar Rumput dalam rangka penggunaannya untuk isolasi pasien-pasien COVID yang bergejala ringan dan OTG," kata Jokowi seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/7/2021).

Jokowi juga memerintahkan para kepala daerah untuk terjun mengecek penanganan COVID-19. Perintah ini ditujukan kepada gubernur, bupati, hingga wali kota di seluruh Indonesia.

"Saya juga minta kepada seluruh gubernur, bupati, dan wali kota, baik yang berada di Pulau Jawa dan Pulau Bali maupun di luar Pulau Jawa, semuanya untuk terus turun ke bawah, mengecek lapangan," kata Jokowi.

Simak blusukan Jokowi lainnya di halaman berikut

Lihat juga Video: Dampak PPKM, Kakorlantas Bagikan Sembako ke Permukiman Pemulung di Cakung

[Gambas:Video 20detik]